Home » GerbangPublic » Panwaslu Terima Laporan Pencatutan Dukungan Bakal Calon Perseorangan
Kantor KPU Balikpapan. (Foto: gk-3)

Panwaslu Terima Laporan Pencatutan Dukungan Bakal Calon Perseorangan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com,—Sepekan menjelang pelaksanaan verifikasi faktual berkas dukungan suara terhadap calon independen, Panwaslu Kota Balikpapan menyatakan menerima laporan pencatutan dukungan oleh calon pasangan perseorangan.

Warga yang menyatakan tidak pernah membuat pernyataan memberi dukunga, namun dimasukan dalam daftar pemberi dukungan pada calon perseorangan wali kota dan wakil wali kota Balikpapan. Nama warga masuk dalam database pasangan calon perseorangan.

“Namun sebenarnya warga ini tak pernah merasa memberikan surat pernyataan memberi dukungan,” kata  Ketua Panwaslu Kota Balikpapan  Jumiko.

Dijelaskannya, sejauh ini laporan yang disampaikan oleh warga ini,  memang baru berupa laporan lisan yang disampaikan lewat telepon. Karena itu, pihaknya memang belum bisa melakukan tindakan,  karena calon pasangan perseorangan yang mendaftar baru sebatas bakal calon karena masih dalam tahap verifikasi.

“Sebenarnya laporan warga ini bisa saja masuk dalam ranah pidan. Syaratnya jika warga yang bersangkutan merasa keberatan dan memberikan laporan tertulis,” kata Jumiko.

20-21 AGUSTUS PLENO

Sementara itu, Ketua KPUD kota Balikpapan Noor Toha belum dapat memperkirakan apakah dua calon persoerangan ini akan lolos dan berhak mengikuti pilkada Balikpapan. “ Soal siapa yang lolos kita belum dapat komentrara karena prosesnya sedang berjalan,” katanya.

Calon perseorangan baru dapat diketahui hasilnya pada 21 Agusutus mendatang. ” Pada tanggal 20-21 Agustus kami mulai gelar pleno tingkat kota/kabupaten untuk calon perseorang. Dari situ kita baru ketahui siapa yang lolos dan tidak. Ya pastinya tanggal21 Agustus kita

ketahui,” jelas Noor Toha, sembari menambahkan KPUD kota akan melakukan pleno untuk menetapkan calon yang lolos dan berhak mengikuti pilkada Balikpapan pada 24 Agustus.

Seperti dikethuipada hari terakhir 7 Agustus penyerahan berkas dukungan suara bagi perseorang, pasangan Achdian Nor-Abriantinus menyerahkan 110 ribu dukungan sedangkan pasangan Abdul Hakim-Wahidah menyerahkan 91 ribulebih dukungan suara kepada KPUD. (hilmansyah-BKV/rif-GK)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.