Home » Parade Kontingen 16 Provinsi Awali Pembukaan Kejurnas Selam

Parade Kontingen 16 Provinsi Awali Pembukaan Kejurnas Selam

pembukaan kejurnas-selam-berau-2013TANJUNG REDEB, GERBANGKALTIM.COM,—  Parade  kontingen dari 16 provinsi mengawali pembukaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Selam di kolam Renang Kakaban Aquatic Tanjung Redeb Kabupaten Berau (24/6/2013). Kejurnas  selam yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Derawan 2013 secara resmi dibuka oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Dr.H.Awang Faroek Ishak yang dihadiri oleh Bupati Berau, Sekretaris PB.POSSI Indonesia, Ketua KONI Kaltim serta unsur forum pimpinan daerah Kabupaten Berau.

Berdasarkan laporan panitia pelaksana kejurnas yang dibacakan oleh Ketua Pengporv POSSI ( Persatuan Olah Raga Selam Seluruh Indonesia ) Kalimantan Timur H.Hatta Zainal, 16 Provisi yang hadir adalah Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalbar, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Kepulauan Riau, DIY Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Riau, Gorontalo dan Kaltim sebagai tuan rumah.

Sementara itu,  Gubernur Kaltim mengharapkan  event-event semacam ini harus lebih digiatkan lagi. “Mudah-mudahan Festival Derawan sukses, dan minta dukungannya kepada pemangku kepentingan, ini merupakan promosi yang akan dilaksanakan di tahun 2013,” ujar Gubernur.
Diharapkan dengan terlaksananya Festival Derawan yang merupakan kali pertama dilaksanakan, bisa menjadi daya tarik wisatawan.
“Targetnya, semakin banyak wisatawan datang ke Kalimatan Timur, dan Kabupaten Berau ini adalah salah satu destinasi wisata yang terkemuka di dunia, terutama olah raga selam,” tambah Gubernur seraya mengungkapkan meski tahun 2013 nanti pulau Derawan tidak ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggaran sail bersama pulau Komodo, namun Kalimantan Timur tetap diberi kesempatan menggelar event berkala Internasional.
Pada kesempatan ini Gubernur Kaltim juga secara resmi mencanangkan pembangunan SKOI (Sekolah Khusus Olah Raga Indonesia) di Berau yang akan menjadi sentral bagi pembinaan atlet selam, layar, ski, dayung dan renang. “Kita akan bangun sekolah, asrama atlet, perumahan pelatih dan infra struktur pendukung lainnya, agar pengembangan olah raga perairan di Kaltim lebih meningkat lagi” kata Gubernur yang disambut tepuk tangan riuh peserta.
Lebih lanjut, Gubernur Kaltim mengharapkan agar dari event ini akan lahir atlet-atlet selam kaltim yang akan mampu mengharumkan Kaltim di tingkat nasional bahkan internasional. Gubernur juga memberikan angin segar kepada atlet yang akan memperkuat kaltim dalam PON XIX mendatang di Jawa Barat dengan menjanjikan bonus 250 juta bagi peraih medali emas.
Pertandingan hari pertama kejurnas selam ini akan mempertandingkan 42 nomor yang dibagi dalam lima kelompok umur. Beberapa kontingen yang diunggulkan akan menjadi juara umum dalam kejurnas ini adalah DKI Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat, namun kontingen tuan rumah Kaltim dipastikan akan bersaing ketat dalam event ini.*(AA).

Check Also

Bersyukur Pasangan Nomor 4 Teratas

Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Aura “kemenangan” Rusmadi Wongso sebagai Gubernur Kaltim periode 2018-2023 mewarnai acara open house …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *