Home » GerbangNews » Paser Alokasikan Rp.1,35 Milyar Budidaya Rumput Laut

Paser Alokasikan Rp.1,35 Milyar Budidaya Rumput Laut

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Paser mengalokasikan Rp.1,35 Milyar untuk pembudidayaan rumput laut di daerah itu dari dana APBN 2016.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Paser Ina Rosana mengatakan terdapat tiga kelompok nelayan yang akan mendapatkan bantuan tersebut.

“Tiga kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan pembudidayaan rumput laut ada tiga kelompok” kata Ina Rosana di Tanah Grogot, Selasa.

“Ketiga kelompok itu dua kelompok diantaranya dari desa Pondong Baru Kecamatan Kuaro, dan satu kelompok dari desa Muara Telake Kecamatan Long Kali”

Pembudidaya rumput laut desa Pondong, lanjut Ina Rosana, sejauh ini merupakan pembudidaya terbaik di daerah itu.

“Desa Pondong memiliki potensi budidaya rumput laut yang bagus. Kedepan kami juga akan menjadikan desa pesisir lainnya seperti Desa Pondong” kata Ina Rosana.

“Tambak-tambak di Desa Muara Telake yang sudah tidak lagi produktif akan kita manfaatkan untuk budidaya rumput laut”

Pemerintah Melalui APBN, lanjut Ina Rosana, akan memberikan kepada para nelayan berupa bibit rumput laut dan sarana prasarananya diantaranya lantaib jemur.

“Nanti hasilnya akan dijual di Balikpapan secara kolekrif perkelompok pada yang pengumpul di sana” kata Ina Rosana.

Saat ini, lanjut Ina Rosana, baru tiga kelompok nelayan itu yang produktif membudidaya rumput laut.

” Dahulu ada kelompok budidaya di Kecamatan Tanjung Harapan. Namun mereka harus menghentikan usaha mereka karena harga rumput laut turun saat itu” kata Ina Rosana.

Kelompok nelayan yang Ingin mendapatkan bantuan dari Pemerintah, lanjut Ina Rosana, harus terlebih dahulu terdaftar pada Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik. Bahkan di daerah lain ada yang memiliki akta notaris.

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.