Home » GerbangNews » Paser Asuransikan 500 Ekor Ternak Sapi
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Paser Boy Susanto

Paser Asuransikan 500 Ekor Ternak Sapi

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.com) Pemerintah Kabupaten Paser memberikan asuransi usaha kepada 500 ekor ternak sapi yang ada di daerah itu.

“Ada 500 ekor ternak sapi kita berikan asuransi tersebar di empat Kecamatan,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Paser Boy Susanto di Tanah Grogot, Rabu.

Bantuan asuransi tersebut kata Boy diberikan kepada peternak yang ada di Kecamatan Long Kali, Long Ikis, Kuaro dan Kecamatan Batu Engau.

Bantuan asuransi usaha ternak itu lanjut ia merupakan program pemerintah pusat dengan nama Asuransi Usaha Ternak Sapi.

“Program itu dari Kementerian Pertanian melalui Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian,” kata Boy.

Model bantuan asuransi yang diberikan kata Boy yakni berupa bantuan pembayaran premi asuransi ternak seperti pembibitan dan pembiakan ternak.

Tujuan bantuan asuransi tersebut menurut ia untuk melindungi usaha dari kerugian yang diakibakan akibat kematian atau kehilangan ternak.

“Jika bantuan asuransi diberikan, peternak tetap bisa melanjutkan usahanya,” kata Boy.

Kriteria untuk penerima program bantuan asuransi itu yakni melakukkan usaha pembibitan dan pembiakan ternak sapi, memiliki sapi dalam kondisi sehat, berumur minimal satu tahun serta kondisi sapi yang masih produktif.

“Bantuan asuransi usaha ini diprioritaskan bagi peternak skala usaha kecil sebagaimana yang diatur dalam perundang-undangan,” kata Boy.

Adapun resiko yang dijamin dalam program bantuan asuransi tersebut yakni diperuntukkan bagi sapi mati karena beberapa faktor seperti penyakit, kecelakaan, beranak dan sapi hilang karena kecurian. (Jya)

Check Also

Kebakaran di Padat Karya Hanguskan Enam Kontrakan

Tana Paser, GERBANGKALTIM.COM – Kebakaran pada Kamis (21/6) subuh menghanguskan enam kontrakan di Jalan Sultan Iskandar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.