Home » GerbangNews » Paser Bangun Jalan Menunju Komunitas Adat Terpencil
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Paser Amiruddin Ahmad

Paser Bangun Jalan Menunju Komunitas Adat Terpencil

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.com) Kabupaten Paser akan membangun jalan menunju Komunitas Adat Terpencil yang ada di Dusun Sekulit, Kecamatan Long Kali.

Kepala Dinas Sosial Amiruddin Ahmad mengatakan pihaknya juga akan menyelesaikan sejumlah infrastruktur pendukung seperti perbaikan jalan dan jembatan.

“Semoga dalam waktu dekat pemerintah akan segera menyelesaikan sejumlah pekerjaan pendukung, seperti perbaikan jalan dan jembatan menuju Komunitas Adat Terpencil di Dusun Sekulit, kata Amiruddin di Tanah Grogot, Rabu.

Selain infrastruktur jalan kata Amiruddin pemerintah juga akan membangun saranan pendidikan dan pertanian di dusun itu.

“Pemerintah juga akan membangun pusat kegiatan pendidikan dan keagamaan, program pertanian dan pemberdayaan perekonomian masyarakat di sana”, kata Amiruddin.

Pemerintah lanjut ia mengajak peran perusahaan di kecamatan setempat untuk membantu pembangunan saranan dan prasarana tersebut.

“Kami juga mengundang peran serta dan keterlibatan pihak perusahan yang ada di sekitar Kecamatan Long Kali ataupun di Kabupaten Paser secara keseluruhan untuk turut serta memberikan kontribusi nyata”, kata Amiruddin.

Pemkab Paser kata Amiruddin dalam enam tahun terakhir telah mengusulkan sejumlah lokasi di daerah itu sebagai komunitas adat terpencil

“Ada beberapa lokasi yang telah diusulkan menjadi daerah komunitas adat terpencil seperti Dusun Munggu, Kerang Dayo, Muara Lambakan, Petiku dan Pinang Jatus,” kata Amiruddin.

Komunitas adat terpencil di Desa Kerang Dayo Kecamatan Batu Engau kata Amiruddin yakni berada di Dusun Pasero

“Di sana sudah dipasang 55 buah patok sejak tahun 2016. Adapun calon komunitas adat terpencil di Pinang Jatus masih dalam status pemetaan sosial, dan komunitas adat terpencil di Muara Lambakan dan Petiku dihentikan sementara karena dianggap belum memenuhi persyaratan, kata Amiruddin. (Jya)

Check Also

Kodim Grogot Inisiasi Pembentukan Posko Terpadu Karhutla 

Kodim 0904 Tanah Grogot menginisiasi pembentukan posko terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *