Home » Info Today » Paser Dapat 134 Alat Mesin Pertanian
Alat mesin pertanian di Kantor Dinas Pertanian dan perkebunan Paser, Senin (29/8).

Paser Dapat 134 Alat Mesin Pertanian

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.Com)Pemkab Paser mendapatkan 134 alat mesin pertanian untuk kelompok tani yang ada di daerah itu.

Acara penyerahan secara simbolis diserahkan oleh Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak kepada Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi di Kantor Bupati Paser, Senin (29/8).

Hadir pula Kepala Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim Ibrahim, Kepala Distanbun Paser Abdur Rasyid, dan Kepala SKPD yang ada di daerah itu.

Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak mengatakan pemberian bantuan ratusan alat mesin pertanian tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat dan diharapkan dapat membantu para petani yang ada di daerah itu.

“Semoga dapat membantu para petani dan menjadikan Paser swasembada Pangan pada tahun 2017,” kata Awang Faroek Ishak saat sambutan pidatonya.

Sementara itu Kepala Distanbun Paser Abdur Rasyid mengatakan sejumlah alat mesin pertanian yang diberikan kepada kelomok tani beragama macamnya.

“Traktor roda dua 71 unit dan motor roda tiga 2 unit, untuk mengolah tanah pertanian,” kata Abdur Rasyid

Selain itu lanjut ia terdapat pompa air 4 unit, alat tanam padi atau rice transplanter atau mesin penanam padi otomatis 14 unit.

“Alat panen atau combine harvester sedang 13 unit, alat panen atau combine harvester kecil 17 unit, power Tresher atau mesin perontok padi multiguna 2 unit dan power Tresher biasa 7 unit,” imbuh Rasyid.

Selain alat tanam dan alat panen padi lanjut Rasyid, terdapat juga Corn sheller atau mesin pemipil jagung yakni mesin untuk memisahkan biji jagung dari janggelnya yang berjumlah sebanyak 4 unit.

“Semua alat itu diberikan kepada sejumlah kelompok tani yang tersebar di seluruh kecamatan di Paser,” ujar Rasyid.

Terkecuali kata Rasyid di Kecamatan Tanjung Harapan yang pada umumnya masyarakat di daerah itu bekerja sebagai nelayan,” kata Rasyid.

“Tahun ini tidak ada bantuan alat pertanian untuk kelompok tani di kecamatan itu,” imbuhnya.(Jya)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.