Home » GerbangNews » Paser Tampung 369 Usulan Perijinan UKM

Paser Tampung 369 Usulan Perijinan UKM

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Pemerintah Kabupaten Paser telah menampung 369 usulan perijinan Usaha Mikro Kecil (UMK) di 10 kecamatan yang ada di daerah itu.

“Ada 369 usulan ijin UMK di Kabupaten Paser yang sudah tercatat pada tahun 2017,” kata Kabid Deputi Restrukturisasi dan Usaha pada Kementerian Koperasi UKM RI, Yahmadi, saat menjadi narasumber dalam sosialisasi perundang-undangan perijinan UKM di Tanah Grogot, Kamis (12/10).

Selain dari Kementerian Koperasi UKM, sosialisasi itu juga menghadirkan narasumber dari Dinas Perindagkop Provinsi Kaltim Henny Purwaningsih, dan Kepala Disperindagkop Paser Ardiansyah.

Sosialisasi itu dihadiri sejumlah pelaku usaha dan organisasi perangkat daerah.

Dari 10 kecamatan di daerah itu, 300 lebih usulan perijinan diantaranya dari Kecamatan Tanah Grogot, 30 usulan dari kecamatan Kuaro, dan beberapa usulan di tiap kecamatan yang jumlahnya tidak melebihi dari 10 usulan. Bahkan sejumlah kecamatan nihil usulan perijinan UKM.

Perijinan UKM kata Yahmadi saat ini sudah didelegasikan ke camat, kepala desa, dan lurah.

“Dasar hukumnya yakni Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 98 tahun 2014, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 83 tahun 2014, ditambah dengan peraturan daerah setempat yakni peraturan Bupati Paser Nomor 42 tahun 2015,” ujar Yahmadi.

Pendelegasian itu juga dilandasi dari nota kesepahaman 3 menteri yaitu kemendagri, Kemenkop dan UKM, Kemendag.

Camat kata Yahmadi telah mendapat pendelegasian kewenangan dari bupati dan walikota terkait perijinan tersebut, dapat dapat dilimpahkan ke lurah, kades.

“Surat ijin UKM bisa diiterbitakan paling lambat 1 hari kerja sejak pendaftaran diterima. Yang penting berkasnya lengkap dan benar,” ujar Yahmadi.
Namun pemerintah kata Yahmadi juga memiliki kewenangan untuk mencabut ijin usaha tersebut.

“Ijin bisa dicabut jika pelaku usaha melanggar ketentuan perundang-undangan,” ujar Yahmadi.

Yahmadi juga mengatakan bahwa dalam proses perijinan tersebut, tidak dikenakan biaya, retribusi, atau pungutan kepada masyarakat.(Jya)

Check Also

PENJUAL IKAN BAKU TIKAM

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Dua penjual ikan di Pasar Pandansari Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Baharuddin dan Mustamin, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *