Home » GerbangNews » Paser Tetapkan Meruat Percontohan Budidaya Rumput Laut
Panen rumput laut di Desa Meruat Kecamatan Long Kali

Paser Tetapkan Meruat Percontohan Budidaya Rumput Laut

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.com) Dinas Perikanan Kabupaten Paser menetapkan Desa Meruat di Kecamatan Long Kali sebagai desa percontohan budidaya rumput laut di daerah itu.

“Dinas Perikanan menjadikan Desa Meruat di Kecamatan Long Kali sebagai desa percontohan budidaya rumput laut se-Kabupaten Paser,” kata Ina Rosana di Tanah Grogot, Selasa (25/4).

Budidaya rumput laut di Meruat kata Ina dikembangkan diatas lahan seluas 230 hektare. Ia mengatakan, sejak 2015 Dinas Perikanan mencata Desa Meruat telah memproduksi rumput laut sebanyak 1.000 Ton.

Para petani tambak Desa Meruat lanjut ia, memanfaatkan tambak-tambak yang sebelumnya sudah tidak lagi produktif untuk pengembangan budidaya rumput laut.

“Para petani tambak di Desa Meruat memanfaatkan tambak mereka yang sudah tidak produktif untuk budidaya rumput laut,” kata Ina.

Dari hasil budidaya rumput laut itu kata Ina,petani bisa menjualnya dengan harga Rp.4.500/Kilogram.

“Petani di Desa Meruat bisa menjual hasil budidaya mereka dengan harga Rp.4.500/Kilogram untuk rumput laut harga kering. Harga ini cukup stabil di pasaran,” jelas Ina.

Budidaya rumput laut di Paser kata Ina terdapat dua jenis yakni budidaya rumpuut laut gracilaria dan budidaya rumput laut eucheuma.

“Budidaya rumput laut gracilaria yakni budidaya rumput laut di area tambak, sedangkan budidaya rumput lau eucheuma dilakukan di perairan pantai,” kata Ina.

Selain Desa Meruat kata Ina, terdapat sejumlah desa yang berpotensi maju dalam budidaya rumput laut.

Beberapa desa itu kata Ina yakni seperti Desa Muara Pasir di Kecamatan Tanah Grogot dan Desa Pondong Baru di Kecamatan Kuaro.

“Semoga desa lain juga maju dalam pembudidaya rumput laut. Sementara saat ini Dinas Perikanan masih berupaya mengusulkan sejumlah bantuan kepada pemerintah pusat dan melakukan pendampingan kepada petani dan para nelayan,” jelas Ina.(Jya)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.