Home » GerbangNews » Pelayaran Perdana IDC Balikpapan-Shanghai

Pelayaran Perdana IDC Balikpapan-Shanghai

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Deputi Bidang Usaha dan Konstruksi Prasarana Kementerian BUMN,  Ahmad Bambang, melepas pelayaran perdana Internasional Direct Call (IDC) Balikpapan-Shanghai, melalui Pelabuhan Kariangau Kontainer Terminal (KKT).

Program ekspor langsung dari Balikpapan ini bekerjasama dengan perusahaan pelayaran asal Hongkong Sitc,  menggunakan kapal MV Meratus Tomini dengan rute pelayaran Balikpapan langsung menuju Shanghai China. Komoditas yang diangkut coconut fiber dan kayu olahan (plywood).

“Pelaku usaha perlu kepastian jika kapal yang hadir tidak pasti, bagaimana mungkin pelaku eksportir bisa menggunakan kawasan ini. Untuk itulah kehadiran KKT ini memberikan jawaban kepastian tersebut,” kata Dirut Pelindo IV Makassar, Doso Agung.

Doso berharap, dengan pelayaran langsung dari Balikpapan-Shanghai ini dapat mendorong pertumbuhan ekspor non migas, khususnya di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kaltara, mengingat kedua provinsi ini memiliki potensi sumber daya alam berkualitas dan layak ekspor.

Kapal yang melayani 5 kapal, dan supaya terjadi siklus satu minggu sekali. Untuk itu, perlu biaya operasional tinggi,  bisa hemat coast sekitar 300-500 US Dollar dengan waktu pengiriman maksimal 9 hari.

Deputi Bidang Usaha dan Kontruksi Prasarana Kementerian BUMN, Ahmad Bambang mengatakan, program pemerintah adalah membangun fasilitas selanjutnya sektor industri atau pelaku dapat memanfaatkannya dengan maksimal.

“Pemerintah membangun dulu fasilitasnya, sehingga tidak  ada alasan sektor industri dalam melakukan ekspor, karena  perusahaan pelayaran jadi bermitra dengan perusahaan pelayaran yang tersebar di seluruh dunia,” papar Achmad. (hm)

Check Also

Pedagang Dapat Modal Tanpa Agunan

#KaloRusmadiGubernurnya Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Tak perlu menggadai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atawa BPKB. Demikian tagline salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.