Home » Pembangunan Pelabuhan Sangatta Mendesak

Pembangunan Pelabuhan Sangatta Mendesak

Sangatta, Gerbangkaltimdotcom- Rencana Pemkab Kutim melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kutim untuk pembangunan pelabuhan umum di kawasan pantai Kenyamukan terus ditindaklanjuti. Tahun ini sudah ada perencanaan site plan-nya dan diharapkan langsung ada action di lapangan, karena pelabuhan itu sangat mendesak untuk dibangun.
“Kita rencanakan tahun depan sudah terealisasi pelaksanaannya, sehingga pelabuhan umum di Kutim sudah terwujud dengan baik. Sebab, keberadaan pelabuhan itu memang diperuntukkan untuk kepentingan umum dan pengelolaannya oleh Pemkab Kutim, dalam hal ini Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi,” kata Kadis Perhubungan, Komunikasi dan Informasi Kutim H Johansyah Ibrahim, kemarin.
Dijelaskan, banyak keuntungan yang diperoleh jika pelabuhan di Kenyamukan bisa terwujud dengan baik. Antara lain Kutim mendapat pemasukan dari pengelolaan pelabuha umum yang dibangun Pemkab tersebut, seperti pandu, tambat, sandar bongkar muat kapal.
Selama ini, pelabuhan yang dikelola PT Kaltim Prima Coal (KPC) itu pemasukan pelabuhan tidak masuk ke kas daerah, tapi masuk ke pemerintah pusat di perusahaan tersebut. Sehingga Kutim sangat dirugikan meski memiliki pelabuhan, karena dikelola secara khusus oleh perusahaan.
Selain itu menurut mantan Kadispenda Kutim ini, jika pelabuhan Kenyamukan sudah ada, bahan-bahan kebutuhan pokok keseharian bisa langsung didatangkan dari Surabaya atau Sulawesi dan bongkar muat di pelabuhan tersebut. “Selama ini bongkar muat kapal-kapal yang mengangkut sembako maupun yang lain dilakukan di Balikpapan dan Samarinda, sehingga harga sembako relative lebih mahal,” kata Johan, panggilan akrab Kadishub dan Kominfo ini.
Mengenai rencana pembangunan pelabuhan itu menurut mantan Kabag Humas Pemkab Kutim ini, sudah mendapat dukungan berbagai pihak, termasuk kalangan anggota DPRD Kutim maupun Sahbabdar. Sehingga rencana itu diharapkan bisa segera terwujud dengan baik dan fasilitas umum itu mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Sangatta dan Kutim umumnya.
Setidaknya, dengan adanya pelabuhan di Kenyamukan itu akan membuka kesempatan atau peluang kerja bagi masyarakat. Secara tidak langsung mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Bukan itu saja. Akses jalan menuju ke Kenyamukan juga akan lebih baik lagi, karena adanya mobilitas yang tinggi menuju ke pelabuhan. “Yang jelas, multiplayer efek dibangunnya pelabuhan Kenyamukan sangat besar terhadap perekonomian masyarakat Kutim,” tambah Johansyah. **

Check Also

Kodim Grogot Inisiasi Pembentukan Posko Terpadu Karhutla 

Kodim 0904 Tanah Grogot menginisiasi pembentukan posko terpadu penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *