Home » Gerbang Polri » Pembunuhan Satu Keluarga di Balikpapan: Jatanras Polres Balikpapan dan Polda Kaltim Berhasil Tangkap 3 Pelaku, Salah Satunya Anak Tiri Korban
Tiga tersangka pelaku pembunuhan berencana dan perampokan terhadap satu keluarga di Balikpapan, diamankan aparat Jatanras Polres Balikpapan dan Polda Kaltim, ketika di halaman Polres Balikpapan untuk dibawa ke Polda Kaltim.(foto: hm/gk)

Pembunuhan Satu Keluarga di Balikpapan: Jatanras Polres Balikpapan dan Polda Kaltim Berhasil Tangkap 3 Pelaku, Salah Satunya Anak Tiri Korban

Gerbangkaltim.com, BALIKPAPAN,– Unit Jatanras Polres Balikpapan dan Polda Kaltim pada Sabtu (25/2/2017) berhasil mengungkap sekaligus menangkap tiga tersangka pembunuhan dan perampokan terhadap pengusaha angkutan kota (angkot), beserta anak dan istrinya. Diantara pelaku yakni berinisial BH, merupakan anak tiri korban dan aparat masih terus mendalami motif di balik pembunuhan berencana ini.

“Ini kerja keras yang luar biasa sehingga kami berhasil mengamankan pelaku pembunuhan berencana dan perampokan dalam waktu tidak lebih dari 3 hari. Yang menarik salah satu pelaku adalah anak tiri korban, sehingga kami akan maksimalkan penyelidikan dan penyidikan untuk mengungkap motif pembunuhan ini,” kata Direktur Reskrimum Polda Kaltim Kombes Pol Winston Tommy Watuliu, didampingi Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Ade Yaya Suryana, dan Kapolres Balikpapan AKBP. Jefri Dian Juniarta SH. SIK saat jumpa pers di Kantor Polres Balikpapan, Minggu (26/2/2017) siang.

Dijelaskannya, tiga terduga pelaku pembunuhan berantai terhadap juragan angkot Mulyadi (64) puteranya Susilo (4)  dan istri mudanya Lasiyem (28), warga Jalan Seokarno Hatta Gang Perpati RT 31, Kelurahan Muara Rapak,  Balikpapan Utara, berhasil diringkus tim gabungan Jantanras Polres Balikpapan dan Polda Kaltim pada Sabtu (25/2/2017) subuh dan dilanjukan penangkapan hari itu juga terhada dua tersangka lagi. Para pelaku itu masing-masing AF, PE dan  BH.  Semula ditangkap AF dan PE di Jalan Bonto Bolaeng RT 06, Kecamatan Balikpapan Tengah, Balikpapan.

“Selanjutnya, berdasarkan pengembangan dari kedua tersangka ini, tim melakukan penangkapan terhadap BH pada siang harinya pukul 13.00 di ruma tersangka di jalan Sultan Hasanuddin RT 32, Kelurahan Baru Tengah, Kecamatan Balikpapan Barat yang merupakan anak tiri korban,” jelas Winston Tommy Watuliu.

Motif pembuhunan ini sendiri masih belum bisa dipastikan, namun kuat dugaan terkait masalah harta milik korban yang merupakan pengusaha angkot di Balikpapan.  Dalam kasus pembunuhan sadis ini diduga otak pembunuhan  dilakukan anak tiri korban,  yakni BH.

Jajaran Jatanras Polres dan Polda Kaltim selain menangkap tersangka juga mengamankan barang bukti dari lokasi kejadian di Gang Merpati rumah Mulyadi dan putranya dibunuh, kemudian di Desa Buluminung, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tempat korban Lasyiem dibunuh. Barang bukti dan hasil kejahatan yang dilakukan para pelaku berupa barang berharga mulai dari handphone, perhiasan, uang Rp12 juta, dan satu unit sepeda motor serta koper milik Lasiyem.

Sementara itu, Kapolres Balikpapan AKBP. Jefri Dian Juniarta SH. SIK mengungkapkan di antara barang bukti yang ditemukan di TKP penemuan mayat korban Lasiyem di wilayah Kabupaten PPU, juga di tempat kos-kosan para tersangka juga ditemukan barang terkait narkoba, yakni bong bekas sabu-sabu.

“Hasilnya setelah dilakukan tes urine pada Sabtu malam, diketahui positif narkoba,” kata AKBP Jefri Dian Juniarta.

Ditambahkan, pengungkapan ini selain kerja keras tim Jatanras Polres Balikpapan bersama Polda Kaltim juga informasi dari masyarakat yang prihatin dengan kasus pembunuhan berencana dan perampokan ini. Para pelaku akan dikenakan pasal terkait kasus pembunuhan berencana,  perampokan dan penggunaan narkoba dengan ancaman hukuman mati.

Dalam jumpa pers yang dihadiri puluhan wartawan cetak, elektronik, televisi dan online itu sempat dihadirkan tiga tersangka pelaku pembunuhan dan perampokan yang mengenakan baju tahanan warna kuning dengan kepala ditutup kain warna hitam. Hanya saja, para pelaku tidak diberikan kesempatan menjawab pertanyaan wartawan, karena kasusnya masih dalam pengembangan. Ketiga pelaku, selanjutnya dibawa dengan mobil tahanan ke Mapolda Kaltim, di Jl. Syarifuddin Yoes Balikpapan dengan pengawalan ketat.(hm)

Check Also

Manggar Jadi Perkebunan dan Beternak

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Calon wakil gubernur (cawagub) Kalimantan Timur (Kaltim) Safaruddin memprediksi, kawasan Manggar, Balikpapan Timur, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *