Home » Pemekaran Sebatik Tunggu Rekomendasi Gubernur

Pemekaran Sebatik Tunggu Rekomendasi Gubernur

JAKARTA, GERBANGKALTIM.COM-  Pemekaran Sebatik sebagai daerah strategis yang berbatasan langsung dengan negara tetangga kini, tinggal selangkah lagi karena tinggal menunggu rekomendasi Gubernur Kaltim.
Hal itu diungkapkan Komisi I DPRD Kaltim berkonsultasi dengan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) guna menanyakan kondisi terkini atau lanjutan persoalan Sebatik dan daerah pemekaran lainnya seperti Berau Pesisir.
“Untuk Sebatik tinggal menunggu rekomendasi dari Gubernur Kaltim. Sedangkan untuk Berau Pesisir Selatan hanya melengkapi beberapa item,” tutur Hermanto Kewot, Ketua Komisi I yang memimpin rombongan saat berkonsultasi di Kemendagri, Jumat (17/5).
Hermanto, politisi dari PDI-P ini menambahkan pertemuan ini juga untuk merespon desakan masyarakat tentang pemekaran di wilayah Kaltim.
Komisi I yang diterima oleh Kasubdit Penataan Wilayah I Hendaryanto,  juga menanyakan jumlah ideal daerah pemekaran yang ada di Kaltim, mengingat luasnya wilayah Kaltim dan kebutuhan pelayanan di masyarakat yang semakin tinggi.
“Untuk angka ideal Kemendagri tidak bisa memastikan. Yang kita dapat pastikan adalah semua aspirasi tentang pemekaran daerah kita tampung semua, spesifikasi dinilai dari skala A sampai D. Nilai A kita beri untuk yang tinggal rekomendasi atau selangkah lagi goal. Untuk kategori D lingkup aspirasi masyarakat yang belum mendapat rekomendasi bupati atau wali kota,” kata Hendaryanto.
Untuk Sebatik mendapat grade A, karena persyaratan sudah lengkap, hanya menunggu rekomendasi Gubernur Kaltim. Sedangkan Berau Pesisir Selatan di grade B.
Rapat tersebut juga membahas tentang Kabupaten Tanah Tidung (KTT) yang dalam pemikiran Kemendagri menjadi salah satu yang dipertanyakan karena hanya memiliki tiga kecamatan.
“Walaupun hanya tiga kecamatan, KTT memiliki masa depan yang baik, bukankah esensi dari pemekaran adalah untuk percepatan pembangunan? Tidak salah Tanah Tidung  menjadi Kabupaten. Kemendagri jangan hanya berpikir normatif, lihat persoalan dari segi substansinya, faktanya pemekaran di Kaltim menuai sukses,” ucap Syaparudin.
Rapat yang juga dihadiri Anggota Komisi I lainnya seperti Arsyad Thalib, Rahmat majid Ghani,  Syarifah Masitah Asegaf, Pdt Yefta Berto, Gunawarman dan Saifuddin DJ juga mendengar pemaparan prosedur pemekaran yang ada di Kaltim seperti pemekaran Kaltara yang berpotensi baik. (adv/dit/dhi/met)
Sumber: Tim Media DPRD Kaltim

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.