Home » Pemindahan Petikemas Palaran Jangan Hambat Distribusi Sembako

Pemindahan Petikemas Palaran Jangan Hambat Distribusi Sembako

Samarinda, Gerbangkaltim,-

Komisi II DPRD Kaltim meninjau Pelabuhan Samarinda dan Peti Kemas Palaran, Jumat (8/6) tadi, sebagai tindak lanjut pertemuan dengan Himpunan Pengusaha Pergudangan Samarinda di kantor Dewan, Kamis (7/6) sebelumnya. Para pengusaha pergudangan mengeluhkan hambatan bongkar muat barang di Pelabuhan Peti Kemas Palaran, akibat minimnya sarana dan prasarana di sana.

“Komisi II sepakat distribusi sembako, apalagi menjelang  ramadhan, tidak boleh terhambat. Karena itu harus ada solusi dari persoalan ini. Kunjungan kami ke lapangan dalam rangka mencari solusi tersebut, selain menindaklanjuti keluhan himpunan pengusaha pergudangan,” kata Ketua Komisi II DPRD Kaltim, H Rusman Ya’qub, Senin (11/6) kemarin.

Menurut Ketua DPW PPP Kaltim ini, dari hasil kunjungan ke lapangan ada sejumlah alternatif jalan keluar,  di antaranya mengizinkan kapal-kapal pengangkut sembako bongkar muat di Pelabuhan Jalan Yos Sudarso Samarinda atau kapal-kapal tersebut tetap bongkar muat di Pelabuhan Peti Kemas Palaran, namun mendapat prioritas giliran.

“Artinya kapal-kapal sembako yang diberi prioritas bongkar muat lebih dulu, baru kapal-kapal lain. Sedangkan apabila kembali mereka bongkar muat di Pelabuhan Samarinda, juga perlu ada dukungan semua pihak terhadap jajaran Pelindo,” kata wakil rakyat asal Dapil I Samarinda ini.

Pasca kunjungan lapangan, Komisi II merasa perlu mengundang semua pemangku kepentingan bertemu kembali untuk menyepakati jalan keluar terbaik.

Rusman mengakui untuk operasional bongkar muat secara penuh di Pelabuhan Peti Kemas Palaran perlu dukungan sarana dan prasarana yang memadai, termasuk  jalan dari Palaran menuju ke kawasan pergudangan Sungai Kunjang.

“Kondisi sekarang Pelabuhan Peti Kemas Palaran belum dilengkapi pergudangan yang memadai. Jalan dari sana ke arah kota juga masih rusak parah. Belum lagi panjang dermaga yang hanya 280 meter,  membuat kapal-kapal harus antre lama untuk bongkar muat,” kata mantan Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda ini.

Dalam kunjungan ke lapangan, Rusman Ya’qub didampingi Sekretaris Komisi II, Iwan Santoso Lolang dan anggota Komisi II, Siti Qomariah, Andarias P Sirenden, Sofian Nur, Abdurahman Alhasni dan Hermanto Kewot. (lia/mir/ FOTO DPRD KALTIM/ LIA SANYOTO)

Check Also

Manggar Jadi Perkebunan dan Beternak

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Calon wakil gubernur (cawagub) Kalimantan Timur (Kaltim) Safaruddin memprediksi, kawasan Manggar, Balikpapan Timur, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *