Home » Gerbang Business » Pemkot Balikpapan Jamin Komoditas Pokok Cukup
Pasar Baru Balikpapan. (foto: gerbangkaltim.com/tw)

Pemkot Balikpapan Jamin Komoditas Pokok Cukup

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kendati harga komoditas pokok sebagian melambung dipasaran, namun Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan menjamin bahwa kebutuhan pangan itu tetap cukup dalam kurun waktu enam bulan kedepan.

“Pemkot Balikpapan, tetap menjamin ketersediaan komoditas pokok selama ramadan nanti. Selain itu, para distributor juga meyakinkan, jika stok komoditas masih cukup hingga 6 bulan. Sehingga dipastikan tidak akan terjadi kelangkaan pasokan. Bahkan, Pemkot Balikpapan meminta masyarakat mengonsumsi komoditas jenis lain, terutama untuk sayuran jika ada yang mengalami lonjakan harga,” ujar Walikota Rizal.

Sementara itu, memasuki bulan Ramadan, harga bayam disejumlah pasar tradisional di Balikpapan mengalami kenaikan hingga 100 persen. Untuk itu, pemkot meminta warga yang selama ini mengkonsumsi bayam menggantinya dengan sayur lainnya.

Kenaikan harga komoditas bayam ini sendiri terungkap saat Walikota Balikpapan Rizal Effendi yang didampingi Ketua DPRD Kota Balipapan, Abdulloh, bersama Forum Komonikasi Pimpinan Daerah (FKP) melalukan sidak ke sejumlah pasar tradisional di Balikpapan.

“Harga bayam memang mengalami kenaikan. Warga bisa beralih ke jenis sayuran lain,” kata Rizal Effendi. Alternatif sayuran lainnya itu misalnya, sayuran jenis katu dan lainnya, atau gambas untuk sayur bening. Tidak harus menggunakan bayam. Masih banyak pilihan lain bagi ibu-ibu untuk mengkonsumsi sayur mayur.

Sejumlah harga komoditas pokok mulai mengalami kenaikan. Menjelang Ramadan, harga sayuran, misalnya bayam yang semula 12.000 rupiah, saat ini naik jadi 50 ribu rupiah perkilogram atau naik lebih dari 200 persen.

Sedangkan harga bawang putih masih berada dikisaran 50 ribu rupiah perkilogramnya, karena tergantung impor dari Cina. Selain bawang putih, harga bawang merah dirasa masih terjangkau. Perkilogram harga bawang merah masih turun naik. Sementara ini, di Pasar Baru, harga bawang merah 28 – 30 ribu rupiah/kg. Sementara di Pasar Pandansari, bawang merah 25 – 28 ribu/kg.

Untuk ayam potong mulai turun harganya yang semula Rp 23 ribu, kini berada dikisaran Rp 19-20 ribu rupiah/kg. Dengan kondisi ini, sebagian konsumen terutama kaum ibu berharap agar harga bisa stabil dan terjangkau. Pasalnya, hampir semua harga komoditas pokok terus melonjak. “Kami berharap harga jangan terlalu dipermainkan,” pinta Pipit, usai belanja ke Pasar Baru Balikpapan.(mh)

Check Also

Kebakaran di Padat Karya Hanguskan Enam Kontrakan

Tana Paser, GERBANGKALTIM.COM – Kebakaran pada Kamis (21/6) subuh menghanguskan enam kontrakan di Jalan Sultan Iskandar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.