Home » GerbangNews » Pemkot Bayar Utang Lahan Somber

Pemkot Bayar Utang Lahan Somber

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), telah menyiapkan dana sebesar 2 miliar untuk melunasi tanggungan utang terhadap lahan eks pelabuhan feri di bilangan Somber Balikpapan Utara. Pembayaran utang ini disebut-sebut terkait dengan gugat menggugat dengan pemilik lahan di Pengadilan Negeri (PN) setempat beberapa tahun lalu.

Pemkot Balikpapan saat itu harus membayar sebesar 5 miliar rupiah. Seiring berjalannya waktu hingga saat ini, pemkot akhirnya melunasi sisa pembayaran yakni pada tahun 2018 ini memenuhi kewajibannya. Sisa yang harus dibayarkan sebesar 1,8 miliar rupiah.

Selain itu, pemkot juga akan mengelontorkan dana sekitar 1 miliar rupiah untuk perbaikan infrastruktur, agar bekas kawasan pelabuhan penyeberangan Balikpapan yang menghubungkan Penajam Paser Utara (PPU) dan wilayah lain di Kalimantan Selatan (Kalsel) serta daerah lainnya ini bisa digunakan sebagai pelabuhan bongkar muat kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) maupun sejenisnya.

Dengan selesainya tanggungan ini, maka pemkot dalam waktu tidak terlalu lama akan merealisasikan rencananya untuk mengaktifkan kembali Pelabuhan Somber sebagai salah satu pelabuhan bongkar muat sembako yang selama ini dinantikan. Dengan beroperasinya Pelabuhan Somber kelak diharapkan harga sembako di Balikpapan bisa lebih murah dan terkendali.

Wakil Walikota Balikpapan Rahmad Masud, mengatakan selama ini keinginan untuk merealisasikan lahan somber digunakan sebagai pelabuhan sembako masih kendala, karena masih adanya tanggungan utang.

Dengan dilunasinya tanggungan untang tersebut, maka pemkot bisa melaksanakan rencananya. “Untuk persiapan pelabuhan, pemkot juga akan menggelontorkan dana sebesar 1 miliar rupiah, khususnya untuk rolling jembatannya saja,” ujar Rahmad.

Beberapa tahun lalu, pelabuhan somber yang juga dikenal pelabuhan feri penyeberangan berbagai jenis kendaraan roda empat dan dua maupun orang, terbilang merupakan andalan bagi warga biasa didua wilayah (Kaltim-Kalsel), bahkan warga Kalimantan lainnya, termasuk Pertamina yang kerap mengirimkan bahan bakar minyak (BBM) dan lainnya serta perusahaan lainnya.

Saat itu, operasional pelabuhan penyeberangan ini cukup lama, namun belakangan sempat tersendat tersandung nasalah dan berhenti beroperasi dan akhirnya Pemkot Balikpapan memenuhi pembayaran dan akan mengoperasikan kembali pelabuhan feri tersebut, Jika operasional itu terwujud, kawasan yang dilalui ratusan bahkan ribuan kendaraan itu akan “hidup” kembali.

Operasionalnya Pelabuhan Somber akan membantu perekonomian warga sekitar dan lainnya, terutama yang dulunya berusaha atau berdagang seperti membuka warung makan dan lainnya. “Kalau memang dibuka lagi, alhamdulillah,” ujar salah seorang warga bersyukur. (hm/sh)

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.