Home » GerbangNews » Pemkot tak Ada Niat Baik Urus Pendidikan
Gedung DPRD Balikpapan.

Pemkot tak Ada Niat Baik Urus Pendidikan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, M Taqwa menilai, Pemerintah Kota (Pemkot) sekaligus dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan tidak memiliki niat baik dalam mengurus pendidikan di kotanya sendiri. Pasalnya, sejak 10 tahun silam, setiap penerimaan siswa baru selalu saja terjadi permasalahan yang sama.

Permasalahan banyaknya siswa yang tidak diterima masuk sekolah di Balikpapan merupakan  masalah klasik. Sebenarnya, solusinya sangat sederhana. Pemkot Balikpapan bisa melakukan pembangunan ruang belajar baru, sehingga seluruh siswa yang lulus sekolah dasar (SD) dan sekolah tingkat lanjutan pertama (SLTP) bisa melanjutkan pendidikannya.

Namun langkah ini tidak dilakukan dengan baik. Penambahan ruang belajar, tidak sebanding dengan jumlah siswa yang akan masuk sekolah. Anggota DPRD Kota Balikpapan, M Taqwa mengatakan, seharusnya Pemkot Balikpapan bisa memanggil Disdikbud, Capil, dan BPS untuk mengetahui jumlah penduduk dan  jumlah peserta didik.

“hal ini dilakukan untuk mengatahui kebutuhan sekolah dari jumlah peserta didik yang telah menyelesaikan pendidikannya, namun hal ini tidak dilakukan,” kata Taqwa. Jika perlu, tambahnya, Pemkot dan DPRD akan menambah anggaran pendidikan dari 20 persen menjadi 40 persen dengan catatan, permasalahan pendidikan ini tidak terulang kembali pada tahun depan, karena faslitas infrastrukturnya sudah terselesaikan. (hm)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.