Home » GerbangNews » Pemkot Turunkan Tarif, Sopir Angkot Banyak yang Bertahan

Pemkot Turunkan Tarif, Sopir Angkot Banyak yang Bertahan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com,—Tarif angkutan kota di Balikpapan resmi turun kendati hanya sebesar Rp500 atau 10 persen lebih, menyusul adanya penurunan harga BBM jenis premium maupun solar.
Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan Sudirman Djayaleksana mengungkapkan untuk angkot dalam kota dari Rp4.500 menjadi Rp4.000, sedangkan pelajar dari Rp2500 menjadi Rp2000 pasca turunnya harga BBM.

“Penurunan tarif angkot ini diikuti dengan dikeluarkannya SK Walikota pada Senin  (19/1) dan langsung disosialisasikan kepada masyarakat dengan menempelkan SK Walikota ke sejumlah angkot di Balikpapan, agar masyarakat mengetahui adanya penurunan tarif angkot”, jelasnya.

Sudirman menerangkan penurunan tarif angkot yang hanya 10 persen ini karena harga onderdil mobil dan harga sembako  tak kunjung turun meskipun harga BBM sudah turun.

Selain itu, Sudirman menambahkan dalam penurunan tarif ini juga disepakati bahwa tarif angkutan di Bandara Sepinggan juga turun untuk Ring I Rp65.000 zona II Rp85.000 sementara zona III Rp110.000.

MASIH BERTAHAN

Sementara itu, kendati sudah resmi ada penurunan tarif, tampaknya banyak sopir yang nakal masih bertahan dengan tarif lama Rp5000 seperti rute Klandasan-Terminal BP; Terminal BP-RSS Damai III. Bahkan beberapa pelajar yang menggunakan angkutan kota dan masih menggunakan seragam sekolah dikenaikan tarif seperti orang dewasa.

“Saya dari BP ke RSS tadi bayar Rp5 ribu. Ada anak pelajar juga kenaikan tarif sama,” ujar salah satu penumpang angkot yang juga PNS di Pemkot, Kamis (22/1/2015).

Penumpang ini mengaku tidak mau ribut untuk mempermasalahkan kelebihan bayar tersebut, mengingat harga-harga barang lain juga banyak yang belum turun. Namun bagi penumpang lain, terutama anak-anak pelajar tentu sangat memberatkan.(fe-gk)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.