Home » Pemotongan Bea Siswa Cemerlang Kaltim Merebak di Hearing Dewan

Pemotongan Bea Siswa Cemerlang Kaltim Merebak di Hearing Dewan

SAMARINDA, GERBANGKALTIM.COM—  Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Ahmad Abdullah mengimbau kepada mahasiswa dan masyarakat bila mengetahui oknum yang mengaku bisa meloloskan beasiswa dengan imbalan dari potongan sekian persen dari beasiswa itu,  agar melaporkan hal tersebut kepada Dinas Pendidikan untuk diteruskan kepada pihak berwajib.
Imbauan tersebut disampaikan  dalam hearing atau rapat dengar pendapat  antara Komisi IV DPRD Kaltim dengan Dinas Pendidikan Kaltim, Dinas Sosial Kaltim, Mahasiswa dan BEM Unmul dengan agenda pembahasan seputar beasiswa Kaltim Cemerlang.
“Apabila ada fakta dan bukti data-data, segera saja dilaporkan agar tidak menjadi fitnah,” ucap Ahmad Abdullah, didampingi Wakil Ketua Encik Widiyani, Sekretaris Mudiyat Noor, dan beberapa Anggota Komisi IV lainnya seperti Abdul Djalil Fatah, Puji Astuti, Masitah, Leliyanti Ilyas, Safuad dan Yaqub Ukung.
Isyu soal “jasa” meloloskan beasiswa dengan imbalan tertentu, memang menjadi momok dalam distribusi Beasiswa Kaltim Cemerlang.
“Ada yang menyebutkan pemotongan dilakukan oleh anggota Dewan,  Dewan Pendidikan, pengelola beasiswa dan Dinas Pendidikan. Daripada menjadi fitnah lebih baik dilaporkan saja. Sebab seperti kami (Dewan, red) yang memperjuangkan agar mahasiswa mendapatkan beasiswa untuk menunjang pendidikannya, ikut disebutkan melakukan pemotongan,” sebutnya.
Senada, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, Musyarim, juga mengimbau kepada mahasiswa agar segera melaporkan jika ada oknum yang menawarkan bisa menguruskan beasiswa dengan meminta imbalan pemotongan untuk segera dilaporkan disertai dengan bukti. Musyarim pun membantah jika  disebutkan Dinas Pendidikan yang melakukan pemotongan tersebut. Sebab mahasiswa yang mendapatkan beasiswa uangnya langsung dikirimkan ke rekening mahasiswa yang bersangkutan,  tidak melalui Dinas Pendidikan.
“Bagaimana Dinas Pendidikan bisa disebut bermain? Padahal beasiswa  langsung  dikirimkan ke rekening mahasiswanya dan tidak melalui Dinas Pendidikan,” jelasnya. (adv/lin/dhi)
Sumber: Tim Media DPRD Kaltim

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.