Home » Penangkaran Rusa Desa Api Api Penajam Paser Utara

Penangkaran Rusa Desa Api Api Penajam Paser Utara

Letak Lokasi
Untuk menuju lokasi Pusat penangkaran Rusa yang terletak di Desa Api-api Kecamatan Waru Kabupaten Penajam Paser Utara dan dikelola oleh Unit Pelaksana Tekhnis Daerah (UPTD) Dinas Peternakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur ini dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama 45 menit, karena jarak laokasi tersebut dari arah pelabuhan Feri Penajam hanya sekitar 32 kilometer.

Apabila anda dari luar kota daerah dengan transportasi udara, maka setibanya di Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan anda dapat mencarter mobil dengan tarif yang sangat bervariasi, tergagung negosiasi. Tapi bila anda ingin menggunakan transportasi umum, maka langsung saja menggunakan taksi bandara dengan tujuan pelabuhan Semayang Balikpapan. Di pelabuhan ini anda dapat menumpang speedboad umum, tujuan Penajam.

Habitat

Sampai saat ini di Pusat Penangkaran Rusa Desa Api-api Kecamatan Waru terdapat 4 habitat, yaitu:

1. Rusa Sambar (Cervus Unicolor Brookei) dengan jumlah 136 ekor.

2. Kambing dengan jumlah 35 ekor.

3. Sapi jantan 15 ekor, betina sejumlah 25 ekor.

4. Ayam Buras & Kampung sejumlah 600 ekor.
Lokasi tersebut juga akan di proyeksikan untuk pengembangan dan pembibitan ternak sapi dan pengembangan Sperma beku.
Prospek Penangkaran Rusa
Selama belum ada usaha-usaha budidaya, selama ini pula kelangsungan hidup rusa semata-mata hanya tergantung pada kebaikan alam (On Forest Potensial), karena itu, tidak mustahil suatu ketika rusa akan menjadi fauna yang langka seiring dengan eksplotasi hutan yang tidak terkendali, apalagi pada tahun 2002 sekitar 7000 ekor rusa atau setara 524.5 ton, diburu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk dikonsumsi dagingnya secara tidak terkendali.

Hal ini menimbulkan kekhawatiran akan punahnya rusa di Kalimantan Timur umumnya dan Kabupaten Penajam Paser Utara khususnya, dan jika dilihat dari ekonomi peternakan jumlah tersebut merupakan jumlah yang sangat besar.

Peternakan rusa mempunyai masa depan yang baik, karena daging rusa mempunyai potensi besar untuk dipasarkan, baik didalam maupun diluar negeri dengan spesifikasi kadar lemak rendah, rasa khas dan dipercaya dapat meningkatkan kesehatan, stamina, selain itu juga dari hasil rusa ini berupa tanduk, testis, ekor dan lain-lain dapat digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional China dan punya potensi dipasarkan secara lokal bahkan ekspor.

Melihat potensi tersebut, ternak rusa mempunyai prospek yang menarik untuk dikembangkan sebagai komoditi unggulan baru di Kabupaten Penajam Paser Utara pada bidang peternakan kemudian bisa diusahakan ke arah agribisnis dan agroindustri bahkan sangat dimungkinkan untuk dikembangkan ke arah pengembangan agrowisata sebagai salah satu obyek wisata baru di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Kondisi Geografis
Lokasi Pusat Penangkaran Rusa ini berada pada ketinggian 5 hingga 80 meter diatas permukaan laut. Sementara kondisi Topografinya berbukit-bukit dengan kemiringan 5 sampai 10 %.

Pemandangan lokasi ini khas pegunungan dan berbukit hijau membentang luas yang nantinya akan diproyeksikan untuk bangunan kandang (Paddock), perkantoran, Agrowisata Rusa, Pusat pelatihan Peternakan Rusa, Cottage dan ruang pertemuan yang disewakan untuk umum. Tempat ini cocok untuk berakhir pekan bersama keluarga sambil menikmati pemandangan pegunungan serta melakukan rapat dan pertemuan untuk instansi pemerintah dan swasta

Lokasi yang dicadangkan untuk Pusat Penangkaran Rusa ini seluas 1.000 Ha sesuai dengan SK Gubernur Provinsi Kalimantan Timur No. 14/BPN-16/UM-05/III-1990, sedangkan yang telah terpagar, merupakan pagar luar seluas 50 Ha.

Tempat penangkaran rusa berada pada pagar dalam yang dibentuk paddock-paddock. Ada 9 buah paddock, terdiri dari satu buah paddock besar seluas 2 Ha, tiga paddock sedang seluas 9 Ha sampai 16 Ha, lima paddock kecil serta empat holding paddock. Kondisi tanah pada areal paddock tergolong tanah asam dengan PH 4,3.

Bagi anda yang datang ke lokasi ini, jangan lewatkan untuk membeli bubuk tanduk rusa yang diyakini berkhasiat untuk menambah vitalitas khususnya kaum laki-laki***

Foto Rusa diambil dari: www.tribunkaltim.co.id

Check Also

Safaruddin, Jalan Provinsi Harusnya Mulus

Muara Komam, GERBANGKALTIM,- Pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) nomor urut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *