Home » GerbangNews » Pengangguran Tertinggi di Bontang

Pengangguran Tertinggi di Bontang

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Seluruh wilayah Kalimantan Timur (Kaltim), Kota Bontang merupakan daerah tertinggi jumlah penganggurannya, yakni mencapai 12 persen dari total penduduknya.

Sementara, kota yang menduduki peringkat kedua yaitu Balikpapan. Di kota “Beruang Madu” ini, jumlah penganggurannya hanya selisih sekitar 1,61 persen dari Bontang, yakni 10,39 persen atau kurang lebih 26 ribu penganggur yang berharap akan mendapatkan pekerjaan.

Jumlah puluhan ribu orang yang belum menemukan lapangan pekerjaan ini tercatat di BPS Balikpapan. Tingginya angka pengangguran ini diprediksi sebagai akibat kondisi ekonomi yang belum stabil.

Meningkatnya jumlah penganggur di Balikpapan disebut-sebut karena kota “Beriman” ini merupakan salah satu kota terbuka, sehingga tidak sedikit pendatang yang datang, bahkan menetap dan sengaja mencari pekerjaan.

Sampling yang dilakukan Badan Pusat Statistik Balikpapan terhadap penduduk, bukan warga Kota Balikpapan seluruhnya yang menjadi pengangguran melainkan ditambah dengan banyaknya pendatang-pendatang baru. Kini jumlah penduduk di Balikpapan mencapai 700 ribu lebih.

Tidak lama lagi jumlah pencari kerja, bahkan pengangguran bisa dipastikan akan bertambah, karena beberapa bulan lagi ratusan bahkan belasan ribu siswa/siswi SLTA menghadapi ujian dan akan lulus sekolah. Belum lagi lulusan sarjana dan lainnya. “Hadirnya” mereka yang lulus slta ini juga akan menambah jumlah pencari kerja atau pengangguran.

“Berdasarkan data BPS Kota Balikpapan, jumlah pengangguran di sini meningkat tajam. Pada tahun 2017 tingkat pengangguran mengalami kenaikan menjadi 10,39 persen dibanding tahun 2015 lalu yang hanya 5,95 persen,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Balikpapan, Tirta Dewi. (hm/sh)

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.