Home » GerbangNews » Pengapalan Perdana Balikpapan-Shanghai KKT

Pengapalan Perdana Balikpapan-Shanghai KKT

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT) melakukan uji coba pengapalan perdana direct call dengan rute Balikpapan – Shanghai.  Pengapalan perdana ditandai dengan pengangkutan kontainer ke kapal Laila. Tahap uji coba ada sekitar 50 kontainer yang diangkut dari KKT menuju Shanghai.

Kapal Laila sepanjang 220 meter tujuan Shanghai, tiba di Pelabuhan KKT Balikpapan untuk melaksanakan ujicoba direct call dengan rute Balikpapan – Shanghai. Kapal yang memiliki kapasitas  angkut 2.500-2.800 teus ini mengangkut komoditas unggulan Kaltim-Kaltara, seperti cangkang sawit,  minyak sawit, plywood,  biji kernel dan produk perikanan.

Sebenarnya, kapal ini memiliki rute dari Jakarta Semarang – Surabaya – Balikpapan.  Dari Balikpapan ke Shanghai, perjalanan langsung dengan waktu perjalanan 17 hari.  Tentu ini menghemat waktu yang biasa satu bulan. Selain itu juga menghemat biaya logistik. Kapal Laila memiliki kapasitas 2.800 teus. Harapannya, setiap pekan bisa mengisi keterisian kapal.

Dirut Kkt Muhammad Basyir mengatakan, dengan berhasilnya ujicoba direct call di KKT, mulai saat ini KKT siap melayani para eksportir, baik dari Kaltim,  Kaltara,  Kalsel maupun Sulawesi Tengah.

Basyir menambahkan, adanya pelayanan melayani direct call akan memberikan efisiensi waktu dan biaya logistik.  Pada akhirnya akan menumbuhkan ekonomi lokal dan nasional. Untuk tahap uji coba ada sekitar 50 kontainer yang diangkut dari KKT menuju Shanghai. Sedangkan dari Pelabuhan Makassar terdapat 300-400 kontainer.

“Rencananya, peresmian pengoperasian direct call pelabuhan kkt balikpapan akan secara resmi beroperasi setelah diresmikan pada pekan kedua bulan April 2018 mendatang oleh Menteri BUMN Rini Sumarno,” kata Muhammad Basyir. (hm)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.