Home » Pengaruh Cuaca Ekstrem, Ratusan Anak Balikpapan Kena Diare

Pengaruh Cuaca Ekstrem, Ratusan Anak Balikpapan Kena Diare

BALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.COM,—Cuaca ekstrem yang terjadi dalam beberapa hari belakangan membuat anak-anak rentan terhadap serangan penyakit. Seperti yang terlihat di Puskesmas Klandasan Ilir Balikpapan Kota, dalam sehari ini didatangi 300 pasien, dan 150 diantaranya anak-anak yang menderita diare.

Menurut Koordinator Diare Puskemas Klandasan Ilir, banyaknya pasisen anak-anak yang datang tersebut disebabkan pola makan anak yang tidak terjamin kebersihannya ditambah perubahan cuaca yang tidak teratur. Kebersihan makanan sebelum dimakan oleh anak-anak sangat penting diwaspadai oleh orang tua. Sejak memasuki bulan Juli hingga Agustus perubahan dari cuaca panas dan dingin memperburuk kondisi anak, katanya.

Dijelaskannya, tidak hanya anak-anak saja yang mengeluhkan penyakit diare, namun orang dewasa juga mengeluhkannya. Pasien dewasa sekitar 30 persen diare tercatat di Puskesmas Klandasan Ilir. Penyakit yang mendominasi saat ini memang diare namun penyakit yang juga perlu diwaspadai oleh orang tua adalah penyakit batuk dan pilek.

Jene menambahkan penurunan kondisi tubuh, baik terjadi pada orang dewasa maupun pada anak-anak harus segera diperiksakan di puskesmas terdekat. agar tidak bertambah parah. Waspadai perubahan cuaca yang tidak menentu, seperti yang terjadi pada saat ini.(Denny Ardiansyah)

Sumber: BKV Channel

Check Also

Rusmadi, “Saya Malu Samarinda Banjir”

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Soal banjir yang makin dikeluhkan masyarakat Kota Samarinda,  Rusmadi menceritakan pengalamannya, bahwa jika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *