Home » GerbangNews » Pengembangan Kilang Balikpapan Dikerjakan
Kilang Balikpapan

Pengembangan Kilang Balikpapan Dikerjakan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta, proyek pengembangan Kilang Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), segera dikerjakan. Rencananya, Desember 2017 INI, peletakan batu pertamanya akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo.

Nantinya, Kilang Balikpapan dengan nilai proyek 5 miliar dolar ini akan bertambah kapasitasnya dari semula 260 ribu barel per hari (BPH) menjadi 360 ribu BPH. Pengembangan pembangunan kilang terus dikebut pemerintah melalui PT Pertamina (Persero).  Salah satunya adalah proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan. Bahnkan,  Menteri ESDM Ignasius Jonan meminta, proyek peningkatan fasilitas kilang tersebut bisa mulai dijalankan pada Desember 2017.

Rencananya, kapasitas Kilang Balikpapan akan ditambah dari semula 260 ribu barel per hari (BPH) menjadi 360 ribu BPH/hari. Menteri ESDM telah mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo supaya dapat menyaksikan prosesi peletakkan batu pertama  atau ground breaking pada Desember mendatang. “Pengembangan kilang merupakan komitmen Presiden Jokowi. Ini harus dilaksanakan,” kata Jonan.

Tahap Basic Engineering Design (BED) proyek RDMP Balikpapan sudah selesai pada Januari 2017 lalu.  Izin analisis dampak lingkungan (amdal) pun sudah diperoleh pada April lalu.  Sementara itu,  Front End Engineering Design (FEED), juga sudah rampung.  Pertengahan tahun 2017 RDMP Balikpapan bersiap masuk ke tahap Final Investment Decision (FID).

Senada dengan proyek kilang yang lain, seperti RDMP Cilacap, Grass Roots Refinery (GRR) Tuban, dan GRR Bontang supaya pengerjaan dikebut dan cepat dilakukan. (hm)

 

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.