Home » GerbangNews » Pengungsi Derita Ispa dan Hipertensi

Pengungsi Derita Ispa dan Hipertensi

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sejumlah pengungsi korban kebakaran di Klandasan Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), banyak  yang menmgeluh menderita penyakit inspeksi saluran pernafasan akut (ispa), sakit perut dan hipertensi.

Karena banyaknya korban kebaran di kawasan Balikpapan Kota, posko kesehatan yang berada di penampungan di Jalan Wiluyo Puspoyudo Balikpapan Tengah itu dalam satu harinya menerima 50 hingga 100 orang yang melakukan pengobatan.

Penyakit ispa menyerang para pengungsi, baik orang dewasa dan anak  anak, lantaran banyaknya para relawan yang menghisap rokok di lokasi penampungan, sehingga menggangu pernafasan. Selain ispa, penyakit hipertensi, pegal pegal, sakit perut dan susah tidur juga diderita sejumlah pengungsi.

Dokter Dari Dinas Kesehatan Kota (DKK) Yose Yandriani, mengatakan dalam satu hari posko kesehatan menerima keluhan sakit dari para pengungsi sebanyak 50 hingga 100 orang. “Untuk obat obatan didatangkan dari DKK. Selain itu, ada sumbangan masker dari para donatur,” ujar Yose.

Untuk petugas kesehatan, tambahnya, dijadwal setiap hari untuk melayani para korban kebakaran dalam memberikan pelayanan kesehatan di posko penampungan. (hm)

Check Also

Polda Kaltim Ungkap 38 Kasus Korupsi

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sepanjang tahun 2017 lalu, Polda Kalimantan Timur (Kaltim), berhasil mengungkap 38 kasus korupsi. Kasus ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *