Home » GerbangNews » Perkara Pers Hendaknya Gunakan SEMA 13
Hakim Agung DR Andi Samsan Nganro SH MH (baju batik) foto bersama peserta pelatihan Ahli Pers dari PWI Kaltim.

Perkara Pers Hendaknya Gunakan SEMA 13

Palangkaraya, GERBANGKALTIM.COM,- Penyidikan perkara Pers hendaknya berjalan menggunakan Surat Edaran Mahkamah Agung (SEMA) Nomor 13 Tahun 2008. Hal tersebut ditegaskan Hakim Agung DR Andi Samsan Nganro SH MH, ketika menjadi pemateri Pelatihan Ahli Pers Nasional Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), belum lama ini.

Andi Samsan Nganro menjelaskan, pokok dari SEMA No.13 Tahun 2018 tertanggal 30 Desember 2008, dalam penanganan atau pemeriksaan perkara yang terkait dengan delik pers hendaknya majelis mendengar/meminta keterangan ahli dari Ahli Pers.

“Keterangan Ahli Pers ini yang mengetahui seluk beluk pers secara teori maupun praktek,” kata Hakim Agung yang pernah menjadi Humas Pengadilan Negeri (PN) Balikpapan dan juga Hakim PN Tenggarong ini.

Samsan menambahkan, kasus-kasus sengketa pers yang sering terjadi adalah sengketa akibat pemberitaan yang dilakukan oleh sebuah penerbitan pers. Dia mencontohkan, sengketa pers itu berupa pencemaran nama baik, akibat kesalahan pemberitaan atau pemberitaan yang melanggar kode etik.

Untuk itu dia kembali mengingatkan perkara pidana yang diadukan atas pemberitaan pers, sebaiknya sejak tingkat penyidikan sudah perlu didengar keterangan Ahli Pers.

Wartawan GERBANGKALTIM.COM, Maman Saputra yang mengikuti pelatihan tersebut melaporkan usai menerima materi pelatihan ahli pers, peserta diberikan simulasi sengketa pers mulai dari pendampingan, penyelidikan, penyidikan, gelar perkara, dan persidangan di pengadilan.

Acara pelatihan Ahli Pers Nasional yang dilaksanakan selama dua hari penuh itu diikuti pengurus dan anggota Dewan Kehormatan PWI seluruh Indonesia. Recnananya, lanjutan dari pelatihan ahli pers ini akan dilaksanakan di Manado sekitar bulan Oktober mendatang untuk pemantapan. (hms)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.