Home » GerbangNews » Pertamina Ambilalih Vico dan Chevron
Kilang minyak Pertamina Balikpapan.

Pertamina Ambilalih Vico dan Chevron

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- PT Pertamina (Pesero) dalam waktu dekat segera mengambil alih blok blok Sanga – Sanga yang sebelumnya dikelola Vico dan Blok East Kal dikelola Chevron yang habis masa kontraknya. Perbedaan pengambilalihan Vico dan Chevron yang menggunakan Skemagross Split  ini akan membuat perusahaan dalam melaksanakan pekerjaan lebih efektik dan efesien.

Pertamina melalui anak perusahananya PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) mengambilalih kedua pengelolaan blok tersebut. Pengambilalihan pertama akan dilakukan terhadap Vico yang rencananya akan berganti nama menjadi Pertamina Hulu Sanga-Sanga (PHS) pada bulan Agustus 2018 ini.

Kemudian menyusul Chevron yang berganti nama menjadi Pertamina Hulu Kaltim (PHK) pada bulan Oktober 2018 mendatang.

Manager Senior Operasi SKK Migas Kalimantan – Sulawesi (Kalsul), Roy Widiarta mengatakan, saat ini PHI masih melakukan komunikasi dengan  Vico dan Chevron. Yang diutamakan adalah Vico, karena waktunya mendesak. Saat ini juga masih melakukan penentuan Transfer of Agreement (ToA).

Roy menambahkan, perbedaan pengambilalihan Vico dan Chevron dengan Total adalah, jika Vico dan Chevron akan menggunakan skema gross split dalam kontrak baru di wilayah kerja tersebut. Sedangkan Total jadi PHM menggunakan skema PSI atau cost recovery.

Penggunaan skema gross split  ini akan membuat perusahaan dalam melaksanakan pekerjaan lebih efektik dan efesien. Terkait dengan pengambilalihan ini, bagaimana nasib mantan karyawan kedua perusahaan eks bagi hasil itu? Apakah sebagian dari mereka akan dipekerjakan atau seluruhnya akan dihapuskan atau tidak ada hubungan kerja lagi dengan manajemen Pertamina yang baru? (hm/sh)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.