Home » GerbangNews » Pertamina Bersihkan Tumpahan Minyak

Pertamina Bersihkan Tumpahan Minyak

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Meskipun pertamina telah menyatakan tumpahan minyak yang terbakar di Teluk Balikpapan, bukan dari fasilitas milikinya, namun Pertamina turut serta memadamkan kobaran api yang terjadi dan  membersihkan tumpahan minyak yang membentang mencemari permukaan laut sekitar kejadian.

Untuk melakukan pemadaman kobaran api saat kejadian, Pertamina mengerahkan tiga unit kapal tunda PMK membantu memadamkan serta mengawal sejumlah kapal yang tengah berlabuh agar tidak ikut terbakar.

Selain itu, untuk tumpahan minyak yang dalam jumlah besar Pertamina melokalisir dengan menggunakan oil boom. Sedangan untuk tumpahan filem minyak dilakukan penguraian dengan menggunakan oil dispersal.

Region Manager Communication and CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha menatakan, kebakaran akibat tumpahan minyak sudah bisa dikendalikan dan untuk tumpahan yang besar juga sudah dilokalisir.

Sedangkan yang masuk ke pemukiman sudah diurai dengan menggunakan oil dispersal. “Dalam musibah ini, selain berkerjasama dengan pihak lainnya Pertamina menurunkan 70 personel dari HSE untuk menanggulangi tumpahan minyak,” kata Yudi.

Terkait dengan musibah itu, 20 anak buah kapal (ABK) Ever Judger, pengangkut batu bara yang tengah berlabuh di kawasan Teluk Balikpapan sempat terkepung kobaran api akibat tumpahan  minyak yang terbakar.

Dua puluh ABK kapal Ever Judger yang tengah berlabuh diteluk balikpapan berhasil dievakuasi, 18 diantaranya sempat di evakuasi ke dermaga pelabuhan speed boat Kampung Baru. Dua lainnya2 langsung dilarikan ke Klinik Ibu Sina. Sedangkan 2 lagi langsung dievakuasi ke Pelabuhan Laut Semayang Balikpapan.

Setelah dilakukan pendataan di Pelabuhan Kampung Baru 16 ABK ini dievakuasi kembali ke Pelabuhan Semayang Balikpapan dengan menggunakan Patkamla Lamaru dan menjalani pemeriksaan medis.

“Ada 16 orang dievakuasi dari Pelabuhan Kampung Baru. Dua ABK sudah terlebih dahulu dievakuasi di Pelabuhan Semayang,” kata Komandan Kapal Patkamla Lamaru, Letda Karel Setiawan. Usai  menjelani pemeriksaan medis, ke 18 ABK dipemeriksa lanjutan di Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB).

Sementara itu, pihak Pertamina RU V menyatakan berhasil mengatasi kebarakan RU V, Sabtu (31/3) lalu. Saat itu, api mulai muncul sekitar pukul 11.00 wita berhasil ditanggulangi pada pukul 12.00 wita, berkoordinasi dengan BPBD Balikpapan, Chevron, dan Pertamina Hulu Mahakam.

Tim berhasil memadamkan kebakaran dalam waktu singkat dan mencegah meluasnya kebakaran ke area lain. Pertamina berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerjasama dalam penanggulangan dan menghimbau masyarakat agar tidak panik.

Pertamina juga menurunkan penyelam di Teluk Balikpapan. Menanggapi isu yang beredar di media sosial, bahwa kebakaran tersebut merupakan upaya Pertamina untuk menghilangkan ceceran minyak adalah berita tidak benar. Hal ini sudah diklarifikasi langsung oleh pemilik akun tersebut.

Kejadian ini tidak berpengaruh terhadap kondisi operasional Kilang Pertamina. Terminal BBM dan Depot LPG di Balikpapan juga tetap beroperasi normal menyalurkan bahan bakar untuk masyarakat.

Hasil pengecekan terhadap seluruh instalasi Pertamina yang melintasi Teluk Balikpapan, hingga saat ini tidak ditemukan kebocoran. Pipa bawah laut Pertamina dari Terminal Lawe-Lawe hingga saat ini masih menyalurkan minyak mentah ke Kilang Balikpapan dan lokasi pipa berada jauh dari titik kebakaran.

Selain itu, hasil uji laboratorium yang dilakukan Pertamina terhadap sampel ceceran minyak dari dua lokasi berbeda, dinyatakan sebagai fuel oil (bahan bakar kapal) dimana jenis bahan bakar tersebut tidak diproduksi di Kilang Balikpapan. Untuk menjamin keamanan masyarakat, Pertamina tetap mensiagakan Tim Tanggap Darurat (TTD). (hm/sh)

Check Also

Bersyukur Pasangan Nomor 4 Teratas

Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Aura “kemenangan” Rusmadi Wongso sebagai Gubernur Kaltim periode 2018-2023 mewarnai acara open house …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *