Home » Gerbang Business » Pertamina Kalimantan Gelar Operasi Pasar LPG 3 Kg
Gas elpiji 3kg yang dijual di salah satu SPBU Pertamina di Jl. MT Haryono, Dam, Balikpapan. (foto: dok-Gk3)

Pertamina Kalimantan Gelar Operasi Pasar LPG 3 Kg

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Mulai  Kamis (25/6/2015)  Pertamina Kalimantan menggelar operasi pasar gas elpiji 3 kg di kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Ada delapan titik di Balikpapan kita gelar operasi di Delapan titip itu lokasi di Sebelah kantor walikota jalan Puspoyudo, Balikpapan Kota, Halaman parkir Bumi Nirwana Km 5 Kecamatan Balikpapan Utara, Kantor kecamatan Balikpapan Selatan, kantor Kecamatan Balikpapan Timur, Kantor Balikpapan Barat dan kantor Balikpapan Tengah, Jalan RE Mardinata dan Kampung Baru,” Rinci Kapala Humas Pemasaran Pertamina Kalimantan (MOR VI), Andar Titi Lestari hari ini.

Operasi pasar ini, akan dimulai pukul 14.00. Pertamina menyiapkan 560 tabung per titik.

” Ya kita siapkan 560 tabung per lokasi,”ungkapnya.

Operasi pasar gas elpiji 3 kg dalam rangka menekan kenaikan harga ditingkat pengecer yang melebihi HET.
Diketahui pemda Kota Balikpapan HET ditetapkan Rp16 ribu namun sejak sepekan lalu meningkat tajam.

Bahkan di daerah ringroad, Sepinggan Balikpapan Selatan harga dijual mencapai Rp24 – 25 ribu. ” Alasan karena di warung atau eceran gak ada lagi. Saya datangi 7 pengecer bilang sama belum ada pasokan,” tutur Rum warga Ringroad.

Di Balikapapan Utara harga jual elpiji 3kg berkisar Rp18 ribu -Rp20 ribu. ” Sepekan lalu itu saya beli tapi sekarang bisa naik lagi. Pengecer pada habis. Mungkin puasa mereka pada borong gas melon ini,” kata Yanti warga Km 4,5.

Yanti mengakui diserbunya gas melon ini karena harga jual gas Brigth gas atau gas ukuran 12 kg non subsidi  harga jual tinggi. ” Brigth gas ditempat saya Rp160 ribu ukuran  12 kg begitu jugas gas biasa ukuran yang sama Rp155 ribu,” tambahnya.

Dalam penjelasan rilis Pertamina Kalimantan selama Puasa ini menambah 6- 10 persen pasokan dari kebutuhan normal. Termasuk di kota Balikpapan.

LPG 3 kg rerata normalnya harian seluruh Kalimantan sebesar 797 MT/hari atau setara dengan 265.666 tabung per hari menjadi 887 MT/hari atau setara dengan 295.666 tabung perhari. (rif-Gk)

Check Also

Warga Liang Ulu Dukung Rusmadi-Safaruddin

Kota Bangun, GERBANGKALTIM.COM,- Sebagian warga Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *