Home » GerbangNews » Pertamina Kerahkan 21 Kapal Pembersih

Pertamina Kerahkan 21 Kapal Pembersih

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Pasca terpaparnya minyak mentah (crude oil) di perairan Teluk Balikpapan, Pertamina mengerahkan 21 unit kapal untuk membersihan sisa ceceran minyak yang ada dititik-titik berbeda. Ada empat lokasi yang disasar petugas yaitu pelabuhan, lepas pantai, laut Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) dan di wilayah kolam labuh.

Humas Pertamina Alicia Irzanova mengatakan, kapal-kapal itu dikerahkan untuk pembersihan ceceran minyak dengan menggunakan sistem oil boom dan oil skimmer.

“Upaya pembersihan sisa minyak yang dilakukan pertamina hingga tidak ada lagi tampak tumpahan minyak di Teluk Balikpapan dan sekitarnya. Untuk di kawasan pemukiman warga, pihak Pertamina juga masih terus melakukan pembersihan dan melakukan gas tes, agar dampak tumpahan minyak tidak meresahkan warga lagi,” kata Alicia.

Sementara, pengujian gas tes yang dilakukan Pertamina di Perumahan Atas Air Kelurahan Margasari dan Baru Tengah, menunjukan kadar udara normal dan layak dihirup. Pengujian udara ini dilakukan pada lima belas titik.

Pertamina melakukan gas tes udara  di Kelurahan Margasari dan Baru Tengah, karena kedua kelurahan ini yang langsung terkena dampak dari tumpahan minyak. “Dari hasil pengujian gas tes yang dilakukan, hasilnya menunjukkan angka normal. Udara aman dihirup dan tidak menunjukan gas berbahaya,” kata Petugas Gas Tes Pertamina,  I Gede Sugiarta.

Pengujian ini dilakukan empat petugas. Mereka membawa alat gas tes, sensor uji kandungan gas yang diletakan dekat dasar permukaan air untuk mengetahui kadar udara di pemukiman warga.

“Pengujian gas tes dilakukan di 15 titik yang berada di kedua kelurahan. Kondisi ini berbeda dari pasca terjadinya insiden tumpahan minyak dimana kandungan gas kurang layak dihirup dan berbahaya,” terangnya. (hm/sh)

Check Also

Pedagang Dapat Modal Tanpa Agunan

#KaloRusmadiGubernurnya Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Tak perlu menggadai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atawa BPKB. Demikian tagline salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.