Home » Pertumbuhan Hotel Balikpapan Diminta Stop

Pertumbuhan Hotel Balikpapan Diminta Stop

Balikpapan, Gerbangkaltim,-

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kalimantan Timur meminta pemerintah Balikpapan menghentikan perizinan pembangunan hotel berbintang hingga 5 tahun kedepan. Keberadaan jumlah hotel berbintang di Balikpapan dinilai sudah melampaui tingkat hunian para pendatang luar daerah.

“Harus dibatasi jumlah hotel berbintang sesuai tingkat hunian setiap tahunnya,” kata Wakil Ketua PHRI Kalimantan Timur, Yulidar Gani, Selasa (4/10).

Yulidar mengatakan saat ini terdapat 30 hotel berbintang yang tersebar di pelosok kota Balikpapan. Jumlah ini dipastikan akan meningkat menyusul adanya pembangunan 7 hotel berbintang empat di Balikpapan.

Kondisi ini, menurut Yulidar sudah tidak menyehatkan bagi pebisnis perhotelan dan restoran di Balikpapan. Masing masing hotel, katatanya terpaksa melakukan aksi perang tariff sewa kamar untuk menjaring pertumbuhan jumlah tamu yang  tidak signifikan.

Yulidar berpendapat, semestinya Pemerintah Balikpapan mampu menjaga stabilisasi persaingan diantara masing masing pengusaha perhotelan.  Peran pemerintah dibutuhkan untuk menjamin kelangsungan bisnis perhotelan di Balikpapan secara berkelanjutan.

Namun PHRI, kata Yulidar juga mampu turut mendukung pertumbuhan investasi dalam bidang pariwisata. Pemerintah daerah dan PHRI, menurutnya dapat merumuskan segmen investasi swasta yang perlu mendapatkan perhatian lebih.

“Jangan hanya mengeluarkan ijin, tetapi sesuatu yang sudah over   tetap diberikan ijin itu namanya tidak bertanggungjawab,” katanya.

Tingkat hunian hotel bintang empat dan lima di Balikpapan terus merosot dari 50 persen hingga 40 persen. Tren tingkat hunian beralih dengan memilih hotel bintang dua dan tiga yang meningkat hingga 60 persen.

Selain itu, Kota Balikpapan tidak bisa disamakan dengan daerah lainnya di Kaltim. Jika d daerah lain masih membutuhkan pembangunan hotel berbintang khususnya bintang empat maupun bintang lima, berbeda dengan di Kota Balikpapan.

Check Also

PENJUAL IKAN BAKU TIKAM

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Dua penjual ikan di Pasar Pandansari Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Baharuddin dan Mustamin, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *