Home » GerbangNews » Pesut Irrawaddy Tedampar di Pantai Balikpapan

Pesut Irrawaddy Tedampar di Pantai Balikpapan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Seekor Pesut Teluk Balikpapan/Lumba Lumba Irrawaddy, ditemukan terdampar di bibir pantai Jalan Jendral Sudirman Balikpapan, belum lama ini. Diduga pesut ini tewas akibat dampak dari tumpahan minyak yang ada di perairan hingga bibir Pantai Balikpapan.

Pesut yang diperkirakan berusia dewasa dengan panjang mencapai 2,5 meter dan diameter 98 cm diprediksi telah mati tiga hari sebelum ditemukan terdampar di pantai.

Dari hasil pemeriksaan, diduga pesut ini mati akibat tumpahan minyak di perairan Teluk  Balikpapan. Pasalnya dari penglihatan kasat mata, pesut ini sempat diselimuti minyak dan kulitnya tampak ada luka baka.

Sementara dari informasi yang berkembang pesut itu merupakan pesut kedua yang ditemukan mati dalam waktu hampir bersamaan. Lokasinyapun tidak berjauhan dari pesut yang kedua.

“Kematian pesut Teluk Balikpapan menimbulkan keprihatinan. Karena dari data terakhir pada tahun 2015, jumlah habitat ini hanya enam puluh ekor dan keberadannya terancam punah,” ujar Ricky, Kasatker KKP Kaltim-Kaltara (Kaltimra).

Kkp Kaltimra Bersama BKSDA, DLH Balikpapan,  BPSPL, melakukan otopsi untuk pengambilan sampel bagian organ luar dan dalam pesut. Pengambilan sampel dilakukan untuk memastikan penyebab kematian mamalia langka di Kalimantan ini.

“Beberapa bagian organ luar mamalia air ini diantaranya kulit dibagian bawah sirip/ termasuk organ bagian dalam yang meliputi hati,  limpa dan usus diambil sempelnya. Bagian organ sampel yang diambil ini akan dikirim ke laboratorium untuk mengetahui kandaungan apa saja yang terdapat di dalam sampel. Hasilnya tergantung dari seberapa cepat pemeriksaannya,” kata Ricky (hm)

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.