Home » Peternak Lokal Mampu Pasok 2500 Sapi untuk Idul Adha

Peternak Lokal Mampu Pasok 2500 Sapi untuk Idul Adha

sapi-untuk-kurbanBALIKPAPAN, GERBANGKALTIM.COM,—Dinas Pertanian Kelautan Dan Perikanan (DPKP) Kota Balikpapan memprediksikan, peternak lokal akan mampu memenuhi 80 persen kebutuhan sapi kurban saat Idul Adha tahun ini yang mencapai 2.500 ekor.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut kami mendorong peternak lokal dalam mencukupi kebutuhan masyarakat terhadap hewan kurban di hari raya Idul Adha, kata Kepala DPKP Kota Balikpapan, Chaidar Chairulsyah.

Menurut perkiraan DPKP, para peternak lokal setidaknya mampu mencukupi sekitar 80 persen dari permintaan masyarakat. Hal itu berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh pihaknya, terhadap produksi para peternak lokal untuk kebutuhan hewan kurban yang memang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Seperti di tahun 2010 para peternak bisa menghasilkan sekitar 500 ekor sapi potong, kemudian pada tahun 2011 menjadi sekitar 1.000 ekor dan meningkat lagi di tahun 2012 menjadi 1.500 ekor.

Kami perkiraan kebutuhan sapi untuk Idul Adha tahun ini akan mencapai antara 2.500 sampai 3.000 ekor, kata Chaidar, sembari menambahkan di tahun 2013 ini DPKP memperkirakan akan ada 2.000 ekor sapi potong yang dihasilkan dari para peternak lokal di balikpapan.(Zaki Fuad)

Sumber: IDC FM

 

(zaki fuad)

Check Also

Warga Liang Ulu Dukung Rusmadi-Safaruddin

Kota Bangun, GERBANGKALTIM.COM,- Sebagian warga Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *