Home » Pigub Kaltim 2013 Berlangsung Lancar, Partisipasi Pemilih 50-60 Persen

Pigub Kaltim 2013 Berlangsung Lancar, Partisipasi Pemilih 50-60 Persen

v-conSAMARINDA– Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kaltim yang serentak digelar Selasa, 10 September 2013, berjalan sukses, aman dan lancar. Ini tergambar dari pelaksanaan pemungutan suara di berbagai daerah Kaltim dan Kaltara yang tanpa gangguan berarti, dan bahkan tingkat partipasipasi pemilih juga menunjukkan angka signifikan yang rata-rata mencapai 50 — 60 persen.

“Saya memberi apresiasi besar kepada segenap pihak yang terlibat menyukseskan penyelenggaraan Pemilukada sehingga laporan yang kita terima dari masing-masing daerah berjalan lancar,” ujar Gubernur Kaltim, H Awang Faroek Ishak ketika memantau pelaksanaan Pemilukada melaluivideo confrence(v-con) dengan Bupati Kukar, Walikota Balikpapan, dan Walikota Tarakan di Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda, Selasa (10/9) siang.

V-Con yang difasilitasi Diskominfo Kaltim dan Badan Kesbangpol Kaltim ini diselenggarakan untuk mendengar langsung dari Bupati/Walikota bersangkutan bersama Desk Pilkada, KPU, serta FKPD setempat terkait kondisi pemungutan suara di daerah masing-masing. Itu untuk memastikan Pemilukada Kaltim berjalan sukses dan lancar sebagaimana cita-cita bersama sebagai pintu pembangunan Kaltim ke depan.

Suksesnya penyelenggaraan Pemilukada ini, menurut Faroek, menunjukkan kedewasaan peserta dalam berpolitik sudah terbangun. Bukan hanya itu, kesadaran masyarakat menyalurkan hak pilihnya juga terbilang baik. Artinya, semua punya pandangan sama menempatkan Pemilukada sebagai momen penting untuk menentukan wajah pembangunan Kaltim ke depan.

Menyikapi laporan dugaan tindakan money politic atau politik uang dan black campaign atau kampanye hitam, ia meminta Bawaslu Kaltim bersama Panwaslu kabupaten/kota menindaklanjutinya. “Itu urusan Bawaslu. Jika memang terbukti pelakunya harus ditindak sesuai peraturan perundang-undangan berlaku. Sebab, praktek-praktek seperti itu selain merugikan peserta lain, juga merugikan masyarakat lantaran menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan,” tandasnya.

Ketika disinggung soal hasil laporan Bupati Kukar dan Walikota Tarakan, termasuk hasil hitung cepat(quick count)di TV nasional bahwa pasangan AFI — Mukmin (Awang Faroek Ishak — HM Mukmin Faisyal) sementara unggul dengan meraih suara terbanyak di daerah dan secara komulatif di berbagai daerah, ia tidak mau banyak berkomentar. Menurutnya, itu baru hasil sementara. “Nanti kalau sudah ada hasil finalnya baru bisa diketahui. Kalau boleh berharap paling tidak di atas 60 persen sudah cukup. Itu perolehan yang sudah luar biasa,” katanya.

Sebelumnya Bupati Kukar, Hj Rita Widyasari dalam laporannya menyebut tingkat partisipasi pemilih di Kukar tinggi. 50 — 60 persen masyarakat yang mempunyai hak pilih menyalurkan hak pilihnya. “Bahkan untuk masyarakat penghuni Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) Kukar dan pasien RS dilaporkan menggunakan hak pilih mereka. Tidak terkecuali di daerah Tabang dan Kembang Janggut yang saat sekarang dalam kondisi banjir,” sebutnya.

Sementara Walikota Tarakan, H Udin Hianggio mengatakan, meski Pemilukada Kaltim bertepatan dengan Pilkada Tarakan, namun antusiasme masyarakat menggunakan hak pilih terbilang tinggi. Terlihat dari TPS-TPS yang ada dipenuhi pemilih. Demikian halnya dengan stabilitas keamanan. “Dengan 1.145 pengamanan yang terdiri dari Brimob,TNI, Linmas, Dishub dan Banpol, Alhamdulillah situasi keamanan kondusif. Tadi juga Pak Kapolda Kaltim memantau langsung di Tarakan,” katanya.

Sedang penyelenggaraan Pemilukada Kaltim di Balikpapan, sesuai pengamatan Walikota Balikpapan, H Rizal Efendi bersama perangkat terkait berjalan lancar. “Semua tertib, tidak dijumpai kendala berarti,” tegas Rizal ketika menjawab Awang Faroek dalamvideo conferenceitu.(*ris/arf-dil/diskominfo)

teks foto:

V-CON PEMILUKADA :Gubernur Kaltim, H Awang Faroek Ishak bersama unsur FKPD ketika melakukanvideo conferencedengan Bupati/Walikota, Selasa (10/9) siang, guna mendengar langsung laporan pelaksanaan pemungutan suara Pemulikada Kaltim 2013 di daerah-daerah. (foto : diskominfo/yoyo)

Sumber: Diskominfo Kaltim

Check Also

Rusmadi, “Saya Malu Samarinda Banjir”

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Soal banjir yang makin dikeluhkan masyarakat Kota Samarinda,  Rusmadi menceritakan pengalamannya, bahwa jika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *