Home » Uncategorized » PLT WALIKOTA TINJAU SISA MINYAK

PLT WALIKOTA TINJAU SISA MINYAK

Rahmad Masud

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Peristiwa tumpahan minyak di Teluk Balikpapan terus berlalu. Melihat kondisi terkini, Plt Walikota Balikpapan Rahmad Masud, meninjau langsung sejumlah titik, khususnya pemukiman warga serta ekosistem yang ada di pesisir pantai Balikpapan.

Dari peninjauan itu, masih terlihat sisa minyak di kolong kolong pemukiman rumah  warga. Sedangkan di perairan teluk sudah 90 persen lebih tampak bersih. Minyak mentah (crude oil) berwarna hitam ada terlihat dibeberapa titik saja. Kendati sedikit, namun sisa minyak itu terus dibersihkan.

Sementara terkait keselamatan dan keamanan warga yang bermukim di pesisir tau tidak terlalu jauh dari lokasi kejadian, yakni seputaran Teluk Balikpapan, menurut Rahmad, masih banyak minyak melekat di kolong kolong rumah warga. Sehingga setiap harinya harus dilakukan pengetesan agar tidak membahayakan warga.

Kendati terlihat cukup bersih, namun petugas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dan tim penanggulangan masih bekerja membersihkan sisa sisa minyak yang “menghiasi” sebagian perairan “Kota Beriman” ini.

Seperti diketahui, akibat kebakaran itu disebabkan patah/bocornya pipa milik Pertamina. Pipa yang menghubungkan Terminal Lawe Lawe, Penajam Paser Utara (PPU) – Kilang Pertamina Balikpapan itu berada di bawah laut dengan kedalaman sekitar 25 meter.

Patahannya menyemburkan minyak mentah (crude oil) ke permukaan laut Teluk Balikpapan. Paparannya terbakar, menyambar kapal dan lima pemancing. Kelima orang ini dinyatakan tewas setelah ditemukan tim SAR gabungan secara terpisah dan berbeda waktu. (hm/sh)

 

Check Also

Jaga Lingkungan, DLH Paser Bersihkan Kota

Tana Paser (GERBANGKALTIM.com) Puluhan personel dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Paser, Jum’at (2/3) pagi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *