Home » Gerbang Business » PLTU Teluk Balikpapan Akan Beroperasi Januari 2016
PLTU Teluk Balikpapan. (foto: pln.co.id)

PLTU Teluk Balikpapan Akan Beroperasi Januari 2016

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com — Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Teluk Balikpapan diagendakan berfungsi optimal di tahun 2016. Pasalnya, satu mesin dari PLTU Teluk Balikpapan di Kawasan Industri Kariangau berfungsi optimal pada Januari 2016.

Manajer Pembangkitan Sektor Balikpapan PT PLN Wilayah Kalimantan Timur dan Utara Marsudi mengatakan pembangkit listrik di Teluk Balikpapan di Kawasan Industri Karingau ini memiliki daya 2X110 Mega Watt (MW). “Setelah pembangkit satu sudah optimal dan listriknya sudah masuk Sistem Mahakam, baru giliran pembangkit kedua di bulan Juni,” katanya, Kamis (10/12/2015).

Dengan beroperasi PLTU tersebut lanjutnya akan menjawab kekurangan pasokan listrik hingga 50 MW di Sistem Mahakam. “Adanya PLTU ini, bisa membantu melayani distribusi daya listrik untuk puluhan ribu rumah dan ratusan mall yang ada di Kalimantan,” tutur Marsudi.

Menurutnya, saat ini tengah dilakukan penyesuaian dan penyetelan, tuning dan setting. Untuk pertama ini, satu pembangkit sudah mulai jalan dan sudah bisa menghasilkan listrik hingga 25 MW kemudian akan terus ditingkatkan hingga kemampuan maksimal 110 MW.

PLTU Teluk Balikpapan ini merupakan bagian dari program Fast Track tahap 1 luar Jawa akan masuk ke sistem Mahakam yang Saat ini mempunyai daya mampu sebesar 364,44 MW dan beban puncak mencapai 340,11 MW. Sistem kelistrikan Makaham ini melayani 4 kota yaitu Balikpapan, Samarinda, Tenggarong dan Bontang.

PLTU Teluk Balikpapan menggunakan perangkat turbin uap Dongfang. Untuk merebus air di dalam ketel atau boiler guna mendapatkan uap bertekanan tinggi digunakan batubara.

Proyek PLTU Teluk Balikpapan berkapasitas 2 x 110 MW, terletak di Desa Kariangau, Balikpapan Utara Kalimantan Timur. Proyek PLTU ini diresmikan pembangunannya pada 25 Maret 2011 oleh Dirut PLN,  sewaktu dijabat oleh Dahlan Iskan dan Guberur Kalimatan Timur, Awang Faroek Ishak. (fey-gk)

 

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.