Home » GerbangNews » PMI Ajukan Anggaran 21,5 Miliar

PMI Ajukan Anggaran 21,5 Miliar

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Balikpapan mengajukan permohonan bantuan dana anggaran ke Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) masing-masing 9 miliar dan 12,5 miliar rupiah. Kedua permintaan itu berjumlah 21,5 miliar.

Jika dikabulkan, dana berjumlah 21,5 miliar itu untuk penyempurnaan fisik gedung PMI dan penambahan alat baru yang diajukan pada tahun anggaran 2018 mendatang. Pengajuan bantuan atau hibah anggaran ke pemkot balikpapan lebih kurang sebesar rp 9 miliaritu, sekitar 60 persennya untuk kebutuhan proyek fisik dan sisanya menambah peralatan dalam jumlah yang cukup banyak.

Saat ini, melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016, pembangunan fisik gedung PMI sudah menelan dana sebesar 5,6 miliar. Dana ini digunakan sejak dua tahun lalu, termasuk pembelian sejumlah alat baru.

Ketua PMI Kota Balikpapan, Muhammad Arfan, mengatakan tak hanya kepada Pemkot Balikpapan permohonan bantuan diajukan, tapi  PMI juga akan mengajukan permohonan bantuan anggaran ke Pemprov Kaltim,  mengingat Pemprov Kaltim akan mengalokasikan anggaran bagi pmi di kabupaten dan kota yang pemerintahnya kurang memiliki anggaran.

Rencananya, bantuan provinsi ini akan digunakan untuk membeli alat  “Automatically Robotic”, untuk uji cocok serasi agar mengetahui darah bisa dikeluarkan atau tidak.   Selain itu juga untuk pengadaan alat “Nucleic Acid Testing (NAT), untuk mendeteksi dengan cepat virus dalam darah pendonor.  Harga kedua alat itu cukup mahal. Seluruhnya bisa mencapai Rp 12,5 miliar. (hm)

 

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.