Home » GerbangNews » Polda Kaltim Deteksi Dini Teror Bom
Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Endaryoko.

Polda Kaltim Deteksi Dini Teror Bom

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com,—Polda Kaltim melakukan deteksi dini terhadap teror bom pada saat menjelang Natal dan Tahun Baru 2016 ini mengingat tahun lalu sempat terjadi aksi teror bom di halaman Polres Kukar, Kalimantan Timur.

“Berkaca pada sebelumnya bahwa pernah ada aksi teror bom, saat ini kami terus melakukan deteksi dini. Sampai saat ini Kaltim dan Kaltara kondusif,” kata Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Endarwoko kepada Gerbangkaltim.com usai memimpin apel Gelar Pasukan  Pengamanan Operasi Lilin 2015 di halaman Polda Kaltim, Rabu (23/12/2015) pagi.

Terkait pengamanan gereja lanjut jenderal bintang satu ini, pihaknya melakukan penyisiran ke gereja di seluruh wilayah Kaltim dan Kaltara. “Nanti kita terjunkan dari satuan Gegana Brimob akan melakukan pemeriksaan di gereja-gereja. Jika diperlukan kami akan terjunkan tim K9,” jelasnya.

MASIH KONDUSIF

Menurutnya situasi saat ini masih dalam keadaan kondusif, akan tetapi masyararakat diminta untuk waspada. Dalam Operasi Lilin Mahakam 2015  ini Polda Kaltim menyiagakan 351 anggota Sat Lantas dengan total gabungan personil di wilayah yang ada 1.823 personil.

“Penekanannya memang pada keselamatan kemanan berkendara,” ujar Wakapolda Kaltim.

Menurutnya wilayah yang dianggap rawan lakalantas di Samarinda dan Balikpapan.”Khususnya di tanjakan tinggi seperti bukit Soeharto dan bukit menangis jalan menuju Bontang,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, terkait pengamanan Natal 2015 dan Tahun baru 2016 Polda Kalimantan Timur  pada Rabu (23/12/2015) pagi  melakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Mahakam 2015.
Apel dimulai pada pukul 08.00 wita bertempat di halaman Mako Polda Kaltim Jl Syarifudin Yoes nomor 99 Balikpapan Selatan. Sebagai inspektur upacara langsung dipimpin Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Endaryoko.

Selain segenap personel kepolisian Polda Kaltim dan perwakilan masing-masing Polres se-Kaltim,
Peserta apel selain berasal dari personel kepolisian Polda Kaltim dan perwakilan masing-masing Polres se-Kaltim, dilibatan pula unsur TNI, Basarnas, BPBD maupun swasta.(tro-GK)

Kepolisian Daerah Kalimantan Timur atau Polda Kaltim adalah pelaksana tugas Kepolisian RI di wilayah Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Utara. Polda Kaltim karena tergolong polda tipe A, dipimpin oleh seorang kepala kepolisian daerah yang berpangkat bintang dua atau (Inspektur Jenderal Polisi).

Seiring terbentuknya Kalimantan Utara, nantinya empat polres yang selama ini di bawah naungan Polda Kaltim, yakni Polres Malinau, Bulungan, Tana Tidung, dan Nunukan akan masuk ke Polda Kalimantan Utara (Kaltara) bila secara otonomi telah terbentuk.(sumber: wikipedia.org)

 

Check Also

Bersyukur Pasangan Nomor 4 Teratas

Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Aura “kemenangan” Rusmadi Wongso sebagai Gubernur Kaltim periode 2018-2023 mewarnai acara open house …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *