Home » Gerbang Polri » POLDA KALTIM KALAH PRAPERADILAN

POLDA KALTIM KALAH PRAPERADILAN

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Polda Kalimantan Timur (Kaltim) kalah dalam persidangan praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Balikpapan. Sebelumnya, penyidik Polda Kaltim menyangka dan menahan tersangka Laparinta dengan tuduhan penyerobotan lahan dan pemalsuan dokumen tanah.

Setelah ditahan selama 38 hari di sel Mapolda Kaltim, Laparinta, Warga Jalan Syarifuddin Yoes Balikpapan Selatan, akhirnya bisa bernafas lega.  sebelumnya, Laparinta  ditahan  lantaran dilaporkan soal kasus penyerobotan lahan dan pemalsuan dokumen tanah.

Setelah menjalani sidang praperadilan selama sebulan lebih lamanya, tersangka pria berusia 50 tahun itu akhirnya bisa menghirup udara bebas. Dalam persidangan praperadilan, majelis hakim memutuskan, kasus yang dituduhkan penyidik kepada laparinta, bukanlah merupakan kasus pidana melainkan kasus perdata.

Pengadilan juga memerintahkan Polda Kaltim untuk segera membebaskan tersangka Laparinta dari tahanan Mapolda Kaltim yang sudah ditahan selama sebulan lebih, karena tidak terbukti bersalah. Selain itu,  Polda Kaltim juga diperintahkan untuk segera merehabilitasi nama baik Laparinta.

Terkait dengan persidangan praperadilan, anak tersangka, Anita, sangat terharu dengan putusan hakim yang ujungnya menyatakan ayahnya tidak bersalah. Hal ini membuktikan, bahwa hukum masih bisa ditegakkan di Indonesia, khususnya di wilayah Balikpapan.

Sementara itu, kuasa hukum tersangka Akhmad Aldrino, mengatakan kemenangan di praperadilan membuktikan bahwa penyidik kepolisian di Polda Kaltim tidak profesional. Untuk itu, Dia meminta Kapolri memeriksa jajarannya, khususnya di Polda Kaltim.

Kuasa hukum tersangka menyebutkan, jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Kaltim menabrak aturan, lantaran menetapkan tersangka kepada kliennya yang berusia 50 tahun terkait kasus pemalsuan dokumen tanah disertai dengan penyerobotan lahan bukan milik. Sementara, menurut kuasa hukum Laparinta,  proses perdata objek sengketa masih jalan di pengadilan. Selain itu, saat dilakukan penahanan, Laparinta diklaim tengah dalam kondisi sakit. (hm)

 

Check Also

Kebakaran di Padat Karya Hanguskan Enam Kontrakan

Tana Paser, GERBANGKALTIM.COM – Kebakaran pada Kamis (21/6) subuh menghanguskan enam kontrakan di Jalan Sultan Iskandar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.