Home » Gerbang Polri » Polda Kaltim Lacak Bom dan Narkoba di Bandara SAMS
Jambo bersama unit K9 Shabara Polda Kaltim ketika di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.(foto: poldakaltim.com)

Polda Kaltim Lacak Bom dan Narkoba di Bandara SAMS

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Hewan khusus pelacak, yakni anjing milik Polda Kalimantan Timur (Kaltim) melacak keberadaan narkoba dan obat-obatab terlarang serta dugaan adanya bahan peledak alias bom di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan.

Saat itu, Unit K9 Dit Sabhara Kaltim kembali menggelar simulasi dan latihan di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan. Kali ini, simulasi dilakukan di bagian bagasi bandara dengan target narkoba dan obat obatan terlarang lainnya.
Tim spesial anjing pelacak dari kepolisian kali ini melakukan skenario pelacakan narkoba dalam skala besar.

Dalam simulasi, satu unit atau satu tim K-9 dengan anjing pelacak spesial melacak narkoba diturunkan dan memeriksa satu persatu barang bawaan penumpang pesawat yang ada didalam bagasi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari latihan rutin K-9 YANG SUDAH DIGELAR sejak sepekan lalu. Rencananya kegiatan ini akan terus dilakukan hingga ke pusat perbelanjaan.

Sebelumnya, kegiatan serupa juga dilakukan pada pekan lalu, namun dengan skenario berbeda,  kali ini anjing pelajak lebih difokuskan pada keberadaan narkoba yang dibawa oleh penumpang pesawat, yakni “Jambo”, anjing Unit K9 Polda Kaltim asal Belanda beraksi di Bandara SAMS Sepinggan.

“Jambo”, salah satu anjing dari Unit K9 Ditsabhara Polda Kaltim, beraksi di area troli barang di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Senin (9/10/2017). Anjing asal Belanda seharga Rp180 juta itu dilatih melacak keberadaan bahan peledak yang disembunyikan di bawah drum.

“Jambo” yang memang spesialis anjing pelacak bahan peledak, langsung mengendus ke beberapa troli didepannya. Namun tak lama, dia langsung menyeberang ke arah dua drum dan disitulah dia menunjukkan ada bahan peledak dengan cara duduk di dekatnya. Aksi “Jambo” ini langsung mendapat hadiah dari pawang senior Bripka Budi Supardi dan anggota Unit Satwa K-9 Ditsabhara Polda Kaltim yang mengawalnya.

Check Also

Kebakaran di Padat Karya Hanguskan Enam Kontrakan

Tana Paser, GERBANGKALTIM.COM – Kebakaran pada Kamis (21/6) subuh menghanguskan enam kontrakan di Jalan Sultan Iskandar …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.