Home » Polda Kaltim Selidiki Tambang Emas di Tabang

Polda Kaltim Selidiki Tambang Emas di Tabang

Polda Kaltim sejauh ini masih melakukan penyelidikan terkait keberadaan tambang emas ilegal di Muara Tabok, Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara. Keberadaan tambang ini ditentang belasan desa di wilayah itu, sehingga sejumlah tokoh desa dan tokoh adat melaporkan aktivitas ini ke Markat Polda Kaltim, agar aktivitas tambang dihentikan.
Berdasarkan data Polda Kaltim, sedikitnya 15 desa terkena dampak aktivitas tambang ilegal sejak empat bulan lalu.
“Aktivitas tambang emas ini menyebabkan sungai yang membelah desa tercemar dan tidak dapat dipergunakan untuk keperluan sehari-hari. Sejauh ini kami masih melakukan penyelidikan dan kepolisian akan melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat yang menangani bidang ini,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Kaltim, Komisaris Besar Antonius Wisnu Sutirta.
Untuk bahan penyelidikan, kepolisian telah mengambil sejumlah sampek berupa batu yang memiliki kandungan emas. Keaslian kandungan emas ini nantinya akan dijadikan salah satu bukti kegiatan tersebut. “Pengambilan sampel ini terkait juga adanya laporan sejumlah kepala desa di wilayah Kutai Kartanegara, atas dampak lingkungan yang timbul akibat pertambangan emas tersebut,” ujar Wisnu.(agust sabhara BKV Channel)

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.