Home » GerbangNews » Polda Kaltim Ungkap 38 Kasus Korupsi

Polda Kaltim Ungkap 38 Kasus Korupsi

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sepanjang tahun 2017 lalu, Polda Kalimantan Timur (Kaltim), berhasil mengungkap 38 kasus korupsi. Kasus korupsi untuk tahun 2017 melebihi dari target. Target sebelumnya, 32 kasus. Jumlah kasus ini yang didukung anggaran. Namun, Polda Kaltim sudah berhasil mengungkap 38 kasus.

Dari jumlah tersebut, Polda Kaltim berhasil menyelamatkan uang negara sebesar 4,2 miliar rupiah. Sedangkan aset senilai 7, 56 miliar, sehingga total sebesar 21,7 miliar rupiah. Di tahun 2018, Polda Kaltim berharap, akan berhasil mengungkap kasus korupsi lebih banyak lagi. Karena kasus ini menjadi salah satu atensi Polri. Kegiatannya mencakup Polda dan seluruh Sataun Wilayah (Satwil) yang ada di bawahnya.

Polda Kaltim saat ini juga masih melakukan penyidikan terhadap sejumlah kasus korupisi ini,  karena masih menunggu hasil audit dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) kaltim untuk mengetahui ada atau tidaknya kerugian negara. Direskrimsus Polda Kaltim, Kombes Polisi Yustan Alpiani, mengatakan setelah adanya hasil audit BPKP, maka polisi baru bisa menetapkan tersangkanya.

Dalam penyelesaian kasus korupsi ini, Polisi juga mengacu pada Inpres Nomor 10 Tahun 2016 dan telegram Kabaresrim Mabes Polri. “Bahwa kasus korupsi baru bisa dieksposes apabila sudah dinyatakan P-21 oleh pihak kejaksaan. Upaya ini dilakukan agar para pelaku tidak melarikan diri dan menghilangkan barang bukti,” jelasnya. (hm)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.