Home » Gerbang Business » Polres Balikpapan Temukan Beras Dioplos, Harga Sembako Masih Stabil
Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Safaruddin ketika melakukan sidak di Pasar Pandan Sari Balikpapan, beberapa waktu lalu.(foto: poldakaltim.com)

Polres Balikpapan Temukan Beras Dioplos, Harga Sembako Masih Stabil

GERBANGKALTIM.COM, Balikpapan.- Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Balikpapan, Polda Kalimantan Timur (Kaltim) ketika melakukan pemantauan harga sembako di pasar tradisional, berhasil menemukan dan membongkar praktik beras oplosan yang dilakukan salah satu agen beras. Kendati ada yang nekat ngoplos, tapi harga sembako masih terbilang aman.

Tim Satgas Pangan Polres Balikpapan hingga kini terus memantau stabilitas harga pangan di sejumlah pasar dan agen di Kota Balikpapan. Dari hasil pemantauan, sejumlah harga pangan dan stok sembako tidak terganggu. Hanya saja terdapat beberapa komoditi yang harganya memang melonjak dikarenakan stoknya yang memang berkurang akibat gagal panen.

Sementara, selama melakukan pemantauan, Polres Balikpapan juga berhasil membongkar praktik beras oplosan yang dilakukan agen beras di kawasan Muara Rapak Balikpapan Utara.

Modusnya, agen tersebut mencampur dan memasukkan beras lokal yakni dari daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dengan beras yang memiliki branded dari Surabaya. Hasil oplosan ini dijual dengan harga tinggi. Kasat Reksirm Polres Balikpapan AKP Kalfaris menyebutkan, kasus tersebut saat ini tengah ditangani Unit Tipiter Satreskrim Polres Balikpapan.

Menurut Kasat Reskrim Polres Balikpapan, AKP Kalfaris T Lalo, pemantaun stabilitas harga sembako ini dilakukan atas instruksi Kapolda yang harus dilaksanakan di seluruh wilayah Kaltim.

“Amanat Kapolda Kaltim langsung ke seluruh Polres, khususnya di Kaltim, diperintahkan untuk membentuk satgas pangan selama Ramadhan. Satgas inilah yang fungsinya melakukan pemantauan dan penindakan jika ada kartel, distributor atau agen yang bermain harga,” katanya.(mh)

Check Also

Diduga Mesum Pasangan Remaja Diamankan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Sejumnlah pasangan remaja yang diduga melakukan perbuatan asusila diamankan petugas Polsek Balikpapan, Kalimantan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *