Home » GerbangNews » Polres Paser Batasi Barang Bawaan Jemaat Saat Natal
Apel Gelar Pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Mapolres Paser, Kamis (22/12).

Polres Paser Batasi Barang Bawaan Jemaat Saat Natal

Tanah Grogot (GERBANGKALTIM.Com) Kepolisian Resort Paser akan membatasi barang bawaan milik jemaat yang hendak melakukan ibadah natal dan tahun baru 2017. 

Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan menerangkan, bahwa upaya tersebut dilakukan guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan saat peribadatan digelar.

“Saat petugas pengamanan menjaga gereja pada saat ibadah natal, jemaat dibatasi barang bawaanya, tidak boleh membawa barang banyak, cukup Al- Kitab, tas dan handphone sehingga pihak kepolisian bisa dengan cepat mendeteksi hal-hal yang dapat mengancam keamanan,” ujar Hendra di Tanah Grogot, Kamis.

Setiap gereja, kata Hendra, akan mendapatkan pengamanan empat personel dari Polres Paser yang terdiri dari dua personel pengamanan yang berjaga dan dua personel intel.

Polres Paser lanjut ia, juga akan memberdayakan personel security gereja untuk pengamanan.

“Hal itu dilakukan dengan tujuan memudahkan deteksi terhadap pihak-pihak mencurigakan yang bukan merupakan jemaat gereja,” ujar Hendra.

Pihak kepolisian kata Hendra, bersama Kodim 0904 Tanah Grogot, Dinas Perhubungan dan Satpol PP, pada Kamis (22/12) telah melakukan apel persiapan pengamanan natal dan tahun baru 2017.

“Dalam apel tersebu juga dilibatkan pemadam kebakaran, Dinas Kesehatan, Pramuka, dan instansi terkait lainnya yang akan membantu pengamanan natal dan tahun baru 2017,” ujar Hendra.

“Untuk pengamanan 41 gereja dan rumah ibadah yang ada di Paser, Polres Paser akan mengerahkan 642 personel gabungan yang terdiri dari personel Polres Paser, Kodim 0904/TNG, Dinas Perhubungan dan Satpol PP,” kata Hendra.

Sebanyak 16 personel akan melakukan pangamanan aktif di sejumlah lokasi, termasuk tempat-tempat ibadah dan 322 personel disiagakan baik di Polres maupun Polsek.

“Personel TNI, Dishub dan Satpol PP saat pengamanan Natal masing-masing mengerahkan 30 personel, sedangkan pengamanan malam pergantian tahun, ada penambahan masing-masing 10 personel dari TNI, Dishub dan Satpol,” katanya.

“Pengamanan malam pergantian tahun itu, kami akan dibantu masing-masing 40 personel dari TNI, Dishub dan Satpol PP. Pengamanan dilakukan secara terbuka maupun tertutup,” ujar Hendra.

Selain pengamanan Natal dan tahun baru, Polres Paser juga akan melakukan pengamanan pada hari jadi Kabupaten Paser ke-57.

“Dua titik lokasi yang akan menjadi fokus pengamanan saat hari jadi kabupaten nanti yakni Gentung Temiang dan Taman Siring Kandilo. Karena dua lokasi tersebut yang diperkirakan akan terjadi keramaian yang cukup membludak saat HUT Kabupaten,” ujar Hendra.(Jya)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.