Home » Gerbang Polri » Polres Paser Berhasil Tangkap 10 Pelaku Sindikat Curanmor, dan Amankan 20 Sepeda Motor
Kapolda Kaltim ketika memeriksa sepeda motor yang berhasil diamankan Polres Paser.(foto: huja/gk)

Polres Paser Berhasil Tangkap 10 Pelaku Sindikat Curanmor, dan Amankan 20 Sepeda Motor

GERBANGKALTIM.COM, Tanah Grogot,— Jajaran Polres Paser, Polda Kaltim berhasil mengungkap sindikat pencurian kendaraan sepeda motor, dengan menangkap sebanyak 10 pelaku dan mengamankan 20 unit sepeda motor berbagai merek, Jumat (2/5/2017).

Pengungkapan itu disampaikan langsung oleh Kapolda Kaltim Irjen Pol Drs. Safaruddin yang sedang melakukan Safari Ramadhan bersama Pejabat Utama Polda Kaltim, sejak Kamis (1/6/2017). “Ini kejahatan jalanan yang meresahkan masyarakat. Alhamdulillah berhasil kita ungkap. Ada 10 tersangka, terdiri 6 pelaku dan 4 penadah. Dengan barang bukti 20 unit kendaraan roda dua,” kata Kapolda Kaltim didampingi Kapolres Paser AKBP Dudy Iskandar, SIK,  di depan Mako Polres Paser.

Kapolda Kaltim bersama Kapolres Paser serta Pejabat Utama Polda Kaltim ketika melakukan rilis sindikat curanmor. (foto: huja/gk)

Beberapa Pejabat Utama Polda Kaltim tampak hadir dan mendampingi Kapolda Kaltim antara lain Karoops Kombes Pol Eko Iswantono, Dirintelkam Kombes Pol Des Aditiawarman, Dirsabhara Kombes Pol. Thofan Herinoto, Kabidkum Kombes Pol. Agus S dan Kabid Propam Kombes Pol R. Deden Garnada.

Dalam rilis yang dihadiri sejumlah wartawan media cetak dan elektronik di Kabupaten Paser, selain dihadirkan para tersangka yang menggunakan baju oranye dan penutup kepala “ninja”, juga dibeberkan barang bukti. Kapolda Kaltim sempat melihat dari dekat, aneka merek sepeda motor hasil kejahatan pelaku.

“Mudah-mudahan ke depan tidak terjadi lagi, karena pelakunya sudah kita tangkap. Yang utama adalah pencegahannya. Bagaimana menciptakan daya tangkal, atau daya cegah agar orang tidak melakukan kejahatan. Sebab kalau sudah melakukan dan ditangkap, rehabilitasinya jauh lebih mahal dan belum tentu dapat diterima masyarakat,” kata Kapolda Kaltim.

Hasil kejahatan curanmor yang diungkapkan ini terjadi pada pada 27 Mei dan 29 Mei 2017 di tempat yang berbeda dan dilakukan penangkapan di beberapa tempat di wilayah Polres Paser hingga ke wilayah Polda Kalimantan Selatan.

Para pelaku memakai baju tahanan, dijaga ketat aparat kepolisian.(foto: huja/gk)

Untuk curanmor pada Sabtu 27 Mei 2017 terjadi sekitar pukul 23.30 Wita berupa 1 unit R2 Merek Yamaha Vixion KT 6069 EV, dengan tempat kejadian perkara (TKP) di RT 01 Desa Saing Prupuk Kec. Batu Engau, milik  Sukardi. Dua hari kemudian, pelaku ditangkap ketika sedang menjalani perawatan di RS panglima Sebaya, Tanah Grogot, akibat kecelakaan. Setelah diinterogasi, pelaku bernama R alias Fahri mengakui telah mengambil sepeda motor korban,  dan telah menjual kepada MS. Tidak berapa lama, MS selaku penadah juga berhasil ditangkap oleh personel Polsek Batu Engau.

“Dari hasil pengembangan tim Polres Paser hingga ke Kalsel dan berhasil mengamankan 7 tersangka lainnya, serta mengamankan 16 unit sepeda motor,” kata Kapolres Paser AKBP Dudy Iskandar.

Ke-16 sepeda motor itu terdiri dari, 3 unit Yamaha Vixion, 5 unit Yamaha Mio, 5 unit Suzuki Satria F, 2 unit Yamaha Jupiter Z, dan 1 unit Yamaha Jupiter MX.

Sementara itu, untuk curanmor berikutnya terjadi  pada Selasa (29/5/ 2017) berupa 1 unit Honda Scoopy KT 2478 EAG, milik Rabiatul, warga di Desa Pait Kec. Long Ikis. Setelah menerima informasi curanmor melalui radio, anggota Polsek Kuaro melakukan razia pada tiga titik jalan yang mengarah ke Kalsel, Balikpapan dan ke arah Tanah Grogot.

“Sekira pukul 19.30 wita, personel Polsek Kuaro mendapat infomasi bahwa sepeda motor dengan ciri-ciri tersebut sedang mengisi bensin di Jl. R. Suprapto Kec. Kuaro. Kemudian petugas langsung mendatangi dan menangkap kedua pelaku dan mengamankan barang bukti 4 sepeda motor lainnya,” kata Kapolres Paser.(jya)

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.