Home » GerbangNews » Ponton Nyaris Terjang Permukiman

Ponton Nyaris Terjang Permukiman

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- sebuah ponton terlepas tali penahannya saat ditarik kapal tongkang. Akibat kejadian ini, sarana pengangkut di perairan terbuat dari besi itu nyaris menerjang permukiman warga sekitar.

Kapal tongkang yang menarik ponton terpisah dan kandas di perairan Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), dekat bibir pantai di kawasan RT 25 Kelurahan Damai Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan. Sementara, ponton yang terlepas hampir menabrak rumah warga yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari kapal.

Terlepasnya tali penahan ponton itu diduga akibat sangat kencangnya arus gelombang di perairan Balikpapan yang membuat ponton terombang-ambing dan hampir menabrak permukiman warga yang jaraknya tidak terlalu jauh. Ponton tersebut akhirnya kandas di tepian.

Akibat tragedi yang tidak terduga, sejumlah tim penyelamat gabungan berusaha melakukan evakuasi terhadap 8 anak buah kapal (abk) yang diketahui milik PT Esien Setia Pratama.

Meski petugas sempat kewalahan lantaran kencangnya arus gelombang/ namun seluruh abk akhirnya berhasil di evakuasi dengan selamat. Tidak ada korban jiwa akibat musibah hari minggu (15/10/17) itu.

Peristiwa ini sendiri sempat membuat panik warga, lantaran posisi kapal dan ponton yang kandas  berdekatan dengan rumah warga  yang hanya berjarak 100 meter. Dikhawatirkan saat air pasang, kapal yang kandas akan bergeser ke bibir pantai dan menghantam pemukiman padat penduduk.

Sementara itu, usai dilakukan evakuasi, para abk  dibawa ke polres balikpapan untuk dimintai keterangan  mengenai penyebab pasti kandasnya kapal tersebut. “Semua ABK selamat,” ujar ABK kapal Kuswahyudianto. Sementara, salah seorang warga Jumansyah, bersyukur ponton tidak menerjang perumahan di kampungnya. (hm)

 

Check Also

Bersyukur Pasangan Nomor 4 Teratas

Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Aura “kemenangan” Rusmadi Wongso sebagai Gubernur Kaltim periode 2018-2023 mewarnai acara open house …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *