Home » GerbangSport » Porwanas XII Perebutkan 33 Emas
Kontingen Kalimantan Timur (Kaltim) bersama 32 kontingen lainnya akan merebutkan 33 medali emas dalam ajang Pekan Olah Raga Wartawan Nasional (Porwanas) XII/2016 Jawa Barat (Jabar). Foto : suriansyah

Porwanas XII Perebutkan 33 Emas

BANDUNG, Gerbangkaltim.com,— Gelaran Pekan Olah Raga Wartawan Nasional (Porwanas) XII/2016 yang berlangsung di Jawa Barat (Jabar)  memperebutkan 33 medali emas. Perebutan medali tertinggi ini tersebar dalam 10 cabang olah raga (cabor) yang dimulai sejak 25-30 Juli 2016.

Sepuluh cabor dan tiga kegiatan non olah raga atau berkaitan langsung dengan jurnalistik itu salah satu hasil keputusan pada Rakernas Seksi Wartawan Olah Raga (Siwo) PWI 2015, di Ambon Maluku pada 11-13 Desember tahun 2015 lalu.

Adanya keputusan sepak bola masuk dalam Porwanas 2016 tahun ini, maka total medali emas yang akan diperebutkan adalah 33 medali emas. Cabang olah raga yang akan dipertandingkan adalah atletik lari 3.000 dan 5.000 meter, biliar (4 emas), bridge (3 emas), catur (4 emas), boling (5 emas), bulu tangkis (4 emas), tenis (4 emas) tenis meja (4 emas), futsal (2 emas), sepak bola (1 emas), lomba karya tulis jurnalistik (1 emas), lomba foto jurnalistik (1 emas), dan lomba reportase radio (1 emas).

Ketua Siwo PWI Jabar, Irfan Suryadireja menjelaskan, cabor sepak bola hanya diikuti 11 peserta. Sebelumnya, sepak bola tidak dipertandingkan, tetapi karena banyak peserta yang menginginkan tetap digelar. Setelah berembuk, akhirnya disepakati sepak bola harus ada dan pada saat itu diverifikasi ada 11 tim.

Selain sepak bola, sebelumnya ada keinginan dari PWI Jatim agar cabor bola voli dipertandingkan. Namun, setelah melakukan pembahasan, sepak bola yang akhirnya dikabulkan pihak tuan rumah.

Persyaratan lain yang sempat menjadi pembahasan alot, sehingga terjadi hujan interupsi kepada pimpinan sidang hingga ancaman boikot tidak ikut porwanas adalah soal keabsahan atlet yang bisa tampil. Paling krusial adalah Porwanas hanya bisa diikuti persyaratan atlet yang telah mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW) atau memiliki kartu biru yang dikeluarkan PWI Pusat. Namun, setelah cukup memakan waktu karena terjadi perdebatan cukup panjang, akhirnya disepakati dengan perimbangan 80 persen untuk yang memiliki kartu UKW dan 20 persen kartu biru PWI Pusat.

Kesepakatan itu untuk per cabang olah raga. Misalnya tenis hanya memainkan ganda putra tiga kelompok usia. Berarti total atlet ada enam, dan komposisinya empat yang memiliki kartu UKW, dan dua kartu biru PWI. (suriansyah)

Check Also

Banjir Samarinda Ada Solusinya

#KaloRusmadiGubernurnya Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Rusmadi Wongso, mantan Kepala Bappeda, Sekdaprov Kaltim menjelang fajar menyingsing pemerintahannya di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.