Home » Gerbang Business » Bandara » PTAL Bandara SAMS Sepinggan Ditutup

PTAL Bandara SAMS Sepinggan Ditutup

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Posko Terpadu Angkutan Lebaran (PTAL) Tahun 2018, Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan yang telah berlangsung sejak 7 – 24 Juni 2018 di Area Keberangkatan resmi ditutup Senin, 25 Juni 2018.

Apel penutupan dipimpin oleh General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan, Handy Heryudhitiawan dengan dihadiri oleh Otband, TNI Polri, BMKG, Basarnas dan pihak terkait lainnya.

Handy menilai selama dibentuk posko terpadu angkutan udara lebaran tidak ditemukan sesuatu hal yang mengganggu pelaksanaan dan pelayanan mudik lebaran. Menurutnya hal ini tidak lepas dari peran pengguna jasa yang telah memahami ketentuan dan situasi arus mudik.

“Kami sebagai pengelola Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sangat bersyukur atas kelancaran arus mudik ini dan saya mengapresiasi kinerja petugas yang diturunkan dalam Posko Terpadu Angkutan Udara Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan,” ujarnya (25/6).

“Semua situasi yang terjadi selama posko lebaran tahun ini dapat ditangani dengan baik, untuk itu saya berterima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat pada Posko Terpadu Angkutan Lebaran di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan” ucap Handy.

Sebelumnya petugas posko terpadu angkutan lebaran ini melibatkan berbagai unsur gabungan yakni PT Angkasa Pura I (Persero), TNI, Polri, KKP, Otoritas Bandara, Basarnas, BMKG, Senkom dan Orari.

“Kami berharap sinergi ini dapat terus terjalin baik untuk mengoptimalkan sistem keamanan penerbangan, mengoptimalkan fasilitas dan personil, serta memastikan kelancaran pelayanan kepada penumpang sesuai standar layanan bandar udara,” harap Handy.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2018 tercatat puncak arus mudik di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan terjadi pada tanggal 09 Juni 2018 (H-6) dengan jumlah penumpang mencapai 26.003 orang dan puncak arus balik pada tanggal 20 Juni 2018 (H+4) dengan jumlah penumpang mencapai 25.605 orang. Rata – rata harian jumlah penumpang yang dilayani di Bandara SAMS sebanyak 22.839 orang.

Data menunjukkan penerbangan rute domestik sebanyak 3.382 penerbangan atau mengalami kenaikan 3,36 % dibanding periode yang sama tahun 2017. Penumpang yang diangkut juga mengalami kenaikan sebesar 0,97 % atau sebanyak 409.845 orang.

Sedangkan untuk rute internasional, data menunjukkan terdapat sebanyak 47 penerbangan atau terjadi kenaikan sebesar 9,3 persen dibanding periode yang sama tahun 2017 dengan jumlah penumpang 1.262 yakni mengalami penurunan sebesar 7,41 persen.

Dengan demikian secara keseluruhan dibandingkan tahun 2017, jumlah penerbangan arus mudik di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan tahun 2018 mengalami pertumbuhan sebesar 3,44 persen, penumpang meningkat sebesar 0.94 persen dan kargo meningkat pula sebesar 14,519 persen. (hm)

Check Also

Ketum Persiba Siap Mundur

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Ketua Umum (Ketum) Persiba Balikpapan, Syahril HM Taher, siap mundur atas hasil buruk …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.