Home » Gerbang Business » Puasa, Harga Kelapa Muda Naik

Puasa, Harga Kelapa Muda Naik

Balikpapan, GERBANGKALTIM.com—Bulan puasa membawa berkah tersendiri bagi penjual kelapa di Balikpapan, Kalimantan Timur. Permintaan buah kelapa yang semakin banyak, diikuti dengan kenaikan harga, membuat keuntungan mereka berlipat ganda.  Seperti diakui Salamuddin (45), warga Teritip Balikpapan Timur yang sehari mampu menjual ratusan butir kelapa muda.

“Setiap puasa memang permintaan kelapa muda selalu naik. Tapi baru tahun ini harga naik tinggi,” kata dia. Untuk satu butir kelapa muda ia jual Rp 9 ribu. “Kalau hari biasa, harganya cuma 5 ribu. Itupun kita agak susah jualnya,” imbuh Salamuddin. Ia mengaku menaikkan harga jual lantaran modal beli ke petani kelapa juga mengalami kenaikan. “Kan saya harus bayar bensin dan orang (pegawai). Kalau nggak dinaikkan, nggak dapat untung,” imbuhnya.

Puasa tahun ini, Salamuddin hanya mempekerjakan dua orang pegawai. Satu orang bertugas memetik kelapa, satunya membantu mengangkut kelapa muda ke pembeli. Konsumen Salamuddin adalah penjual es, seperti Arbayah (39), warga Kampung Buton, Kelurahan Graha Indah.  Sudah bertahun-tahun Arbayah berjualan es kelapa muda.

“Memang sudah langganan sama dia (Salamuddin),” kata Arbayah. Karena harga kelapa muda naik, Arbayah ikut-ikutan menaikkan harga. Jika sebelumnya harga seporsi es kelapa muda hanya Rp 5 ribu, sekarang bisa dibawa pulang dengan uang Rp 6 ribu. “Lumayanlah untuk persiapan lebaran,” kata wanita ini sambil tersenyum. Dalam sehari, Arbayah bisa menghabiskan paling sedikit 20 butir kelapa muda. Jika satu butir bisa dijadikan tiga sampai empat porsi, maka keuntungan yang diperolehnya bisa mencapai ratusan ribu. (fey-Gk)

 

Check Also

Kebakaran di Padat Karya Hanguskan Enam Kontrakan

Tana Paser, GERBANGKALTIM.COM – Kebakaran pada Kamis (21/6) subuh menghanguskan enam kontrakan di Jalan Sultan Iskandar …

One comment

  1. iya soalnya kan klo bulan puasa takjilnya enak pke es kelapa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.