Home » GerbangNews » Puluhan Warga Paser Tuntut Pemadaman Listrik Dihentikan

Puluhan Warga Paser Tuntut Pemadaman Listrik Dihentikan

Tana Paser (gerbangkaltim.com) Puluhan warga Kabupaten Paser yang tergabung dalam aliansi mahasiswa, tokoh pemuda dan tokoh adat setempat melakukan aksi demo di depan kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Paser Selasa, terkait sering terjadinya pemadaman listrik di daerah itu.

Aksi demo diamankan oleh puluhan personel yang terdiri dari Polres Paser dan Satuan Polisi Pamong Praja setempat.

Koordinator aksi demo Misbahuddin mengatakan pihaknya menuntut kepada PLN Tanah Grogot untuk menghentikan pemadaman listrik dan mencari solusi dari permasalahan tersebut.

“Kami menuntut PLN Tanah Grogot untuk menghentikan pemadaman listrik yang setiap minggu bisa terjadi sampai tiga atau empat kali” kata Misbahuddin.
Aksi demo berlanjut dengan bertemunya perwakilan aliansi dengan DPRD Paser, PLN Tanah Grogot, dan PLN Balikpapan di ruang rapat DPRD Paser.

Manager PLN Balikpapan Natan mengatakan pihaknya telah menamung aspirasi warga terkait pemadaman itu dan telah memberikan beberapa solusi terkait permasalahan itu.

“Kebutuhan daya listrik di Paser adalah 14.300 Kw perhari, sedangkan PLN hanya memiliki daya 11.650 Kw. Sehingga masih kekurangan daya sebesar 2.650 Kw untuk memenuhi kebutuhan listrik di Paser” kata Natan saat mediasi dengan warga dan DPRD.

Untuk memenuhi kekurangan daya tersebut lanjut Natan, pihaknya dalam waktu dekat akan mendatangkan beberapa unit mesin baru yang akan menambah kekurangan daya yang dibutuhkan.

“Pada tanggal 14 nanti, kami akan datangkan satu unit mesin dengan daya 1.000 Kw. Disusul pada akhir bulan April akan datang mesin baru dengan daya 1.000 Kw” kata Natan.

“Pada pertengahan Mei, disusul mesin baru dengan daya 400 Kw. Meski itu masih kurang, namun setidaknya bisa meminimalisir pemadaman listrik di Paser”

Solusi tersebut kata Natan merupakan solusi jangka pendek. PLN Balikpapan mempunyai solusi jangka menengah dan panjang untuk mengatasi persoalan pemadaman listrik di daerah itu.

“Ada solusi jangka menengah dan jangka panjang seperti penambahan daya 3 Mw yang lokasinya saat ini masih berada di Petung dan integrasi transmisi yang melibatkan PLN Kalsel untuk dapat mengirim daya listriknya ke Kaltim, khususnya Paser” kata Natan.

Check Also

Kodam VI/Mlw Tambah 12 Pos di Perbatasan

Balikpapan, GERBANGKALTIM.COM,- Kodam VI/Mulawarman akan menambah 12 pos dari 40 perbatasan yang sudah ada di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.