Home » Ralat Berita: Aksi Tolak Miss World di Samarinda Dilakukan dengan Konvoi Sepeda Motor

Ralat Berita: Aksi Tolak Miss World di Samarinda Dilakukan dengan Konvoi Sepeda Motor

tolak miss world-4SAMARINDA, GERBANGKALTIM.COM,—Berita tentang aksi penolakan Miss World yang dilakukan Pemuda Kaltim (6/9/2013) terdapat kesalahan yang cukup menganggu akibat kesalahan ketik dan kurang tepat informasi di lapangan.

Berikut ini kami lampirkan surat dari Aliansi Pemuda Kaltim, untuk meluruskan berita terkait.

Samarinda, 7 September 2013

Kepada

Pimpinan gerbangkaltim.com

Di tempat

Dengan hormat,

Berkaitan dengan berita yang dipublikasikan di gerbangkaltim.com berjudul “Aksi Konvoi Pemuda Kaltim di Samarinda Tolak Miss World”, kami dari Aliansi Pemuda Kaltim ingin mengklarifikasi berita tersebut.

Pihak gerbangkaltim.com menyampaikan bahwa aksi tersebut dilakukan salah satunya oleh Keperempuanan PK KAMMU Unmul dan Keperempuanan PD KAMMU Kaltim, yang tercantum pada paragraf ke-2, seperti berikut:

Selain Pemuda Kaltim, aksi yang dipusatkan di bertempat di Simpang Mall Lembuswana dan Jalan Simpang Kesuma Bangsa Samarinda, juga diikuti oleh Departemen Keperempuanan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Bidang Kemuslimahan Pusdima Unmul dan Departemen Keperempuanan PK KAMMU Unmul, Jaringan Muslimah Daerah Kaltim, dan Bidang kepermpuanan PD KAMMU Kaltim.

Yang mana seharusnya ditulis dengan singkatan KAMMI (kepanjangan dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia).

tolak miss world-1Selain itu, foto yang disertakan dalam pemberitaan ini juga bukan merupakan foto aksi yang diberitakan bahkan pelaku aksinya pun berbeda. Foto di pemberitaan adalah sekelompok pemuda MHTI sedangkan pada aksi yang kami gelar tidak ada pemuda MHTI yang ikut serta. Dan dalam pemberitaan juga disampaikan bahwa konvoi dilakukan dengan berjalan kaki. Namun, pada faktanya konvoi kami lakukan dengan kendaraan bermotor.

Sebagai pelaksana aksi, kami merasa kurang berkenan dengan pemberitaan tersebut yang kami nilai telah mencantumkan hal yang kurang tepat.

Dengan ini kami sebagai pelaksana ingin menyampaikan bahwa aksi “Tolak Miss World” yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 6 September 2013 pukul 14.00 hingga 15.30 WITA di mulai dengan konvoi menggunakan kendaraan bermotor yang terdiri dari puluhan sepeda motor dan sebuah mobil pick up (bukan berjalan kaki) dari Halaman Perpus Unmul dan diakhiri dengan orasi di persimpangan Kusuma Bangsa dimotori dan dilaksanakan oleh kawan-kawan dari BEM UNMUL, Keperempuanan PK KAMMI Unmul (bukan KAMMU), Keperempuanan PD KAMMI Kaltim (bukan KAMMU), PUSDIMA UNMUL, dan JARMUSDA Kaltim. Serta tidak diikuti oleh pemuda MHTI.

Mohon permberitaan tersebut dapat diklarifikasi secara tertulis di media gerbangkaltim.com. Jikalau pun kesalahan penulisan tersebut karena kurangnya ketelitian, besar harapan kami untuk selanjutnya bisa ditingkatkan ketelitian dalam penulisannya. Serta, kami mohon dapat menyertakan foto sesuai dengan isi pemberitaannya.

Atas perhatian dan kerja sama Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Salam hormat,

Faridamiaty

Humas KAMMI Kaltim

Atas nama:Aliansi Pemuda Kaltim, BEM UNMUL, Keperempuanan PK KAMMI Unmul, Keperempuanan PD KAMMI Kaltim, PUSDIMA UNMUL, dan JARMUSDA Kaltim.

Selain ralat di atas, juga kami sertakan isi seruan selengkapnya:

 

Pemuda Kaltim Tolak Miss World

tolak miss world-2tolak miss world-5September ini pelaksanaan miss world 2013 di Indonesia fix akan dilaksanakan. Sebagian orang menganggap ini sebagai sebuah prestise, karena menurutnya hal ini merupakan sarana marketisasi budaya Indonesia kepada dunia. Dengan dalih untuk memperkenalkan budaya dunia dan menjaring person cantik, berwawasan, serta berkepribadian yang nantinya akan menjadi duta sosial kemanusiaan, lingkungan, kesehatan, dll, pemikiran kita digiring untuk bangga jika menjadi juara dalam kontes tersebut.

Tapi, jika kita telusuri lebih jauh, selayaknya penduduk negeri ini malu terhadap pelaksanaan kontes kecantikan dunia tersebut di negeri ini. Jika murni ingin promosi tentang budaya di suatu negeri ataupun menjaring person yang akan didaulat sebagai duta lingkungan, kesehatan, kemanusiaan dll, tidak perlu rasanya ada persyaratan khusus terkait tinggi badan minimum, harus berpenampilan cantik dan menarik.

tolak miss world-6Sesungguhnya kriteria seperti ini secara tidak langsung akan menggiring ketidakbersyukuran seorang perempuan (jika kurang beriman) akan fisik mereka ketika tidak seperti yang telah Tuhan Yang Maha Esa anugerahkan kepada para kontestan miss world. Mengedepankan fisik sebagai sudut pandang utama dalam menilai seseorang sehingga selanjutnya berlomba-lomba untuk hanya mempercantik fisik dan melupakan penguatan spiritual, emosional, maupun intelektual mereka. Padahal, sesungguhnya para permpuan adalah tiang negara. Yang lebih harus disiapkan dalam mengemban amanah tersebut adalah muatan moral, skill, serta wawasan. Karenanya, jika para perempuan di sebuah negeri hanya sibuk dengan kecantikan fisiknya, maka entah akan seperti apa kondisi negeri tersebut.

tolak miss world-3Dengan efek domino yang muncul dari agenda tersebut, kami mengundang segenap warga Indonesia untuk :

  • Menyampaikan ketidaksepakatan di media sosial, media cetak, dll terkait pelaksanaan agenda miss world 2013 di Indonesia
  • Tidak menonton TV saat penayangan rangkaian agenda miss world 2013

Mari selamatkan moral perempuan Indonesia dengan menolak keberadaan agenda miss world di Indonesia.

Departemen Keperempuanan BEM Unmul, Bidang Kemuslimahan Pusdima Unmul, Dpeartemen Keperempuanan PK KAMMI Unmul, Jaringan Muslimah Daerah Kaltim, Bidang Keperempuanan PD KAMMI Kaltim.

CP : Nur Fadhila (0852 4863 0831)

Semoga dengan adanya surat klarifikasi tersebut, dapat menjadikan perhatian pembaca, dan redaksi Gerbang Kaltim Dot Com mohon maaf, semoga ke depan tidak terjadi hal yang sama.(*)

Foto: Foto-foto aksi Tolak Miss World oleh Faridamiaty

Check Also

Pedagang Dapat Modal Tanpa Agunan

#KaloRusmadiGubernurnya Samarinda, GERBANGKALTIM.COM,- Tak perlu menggadai Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atawa BPKB. Demikian tagline salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.